nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Viral Video Bunuh Diri, Pemuda Ini Tarik Petugas Navigasi saat Lompat dari Kapal

Herman Amiruddin, Jurnalis · Selasa 16 Juli 2019 12:32 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 16 340 2079531 viral-video-bunuh-diri-pemuda-ini-tarik-petugas-navigasi-saat-lompat-dari-kapal-1TivxLSPlj.jpg Screenshoot video pemuda bunuh diri di Kapal Tidar (Foto: Ist)

MAKASSAR - Beredar video yang memperlihatkan seorang penumpang tanpa menggunakan pakaian, melompat dari atas kapal laut. Informasi ini dibagikan oleh Naldo Temongmere melalui akun Facebook miliknya.

Dalam unggahannya itu, yang memposting tiga video dengan keterangan terjadi kecelakaan laut diduga penumpang hendak bunuh diri dengan cara loncat dari kapal KM Tidar.

"Kejadian di Kapal KM. TIDAR tadi Siang dari Namlea Tujuan Ambon," tulis Naldo seperti dilihat Okezone Selasa 16 Juli 2019.

Kemudian ia menuliskan kronologi bahwa kejadian ini terjdi pada 15 Juli 2019 sekitar pukul 16.40 Wit di laut pulau tiga.

Kejadian pada pukul 12.00 Wit kapal KM. Tidar bertolak dari pelabuhan namlea menuju ambon. Kemudian Naldo menyebutkan pada pukul 16.30 Wit di sekitar lautan pulau tiga (masuk tanjung) terdengar ada teriakan orang yang hendak loncat dari kapal.

Dikarenakan orang tersebut mau loncat, penumpang lain ramai berkumpul lari ke belakang dek kapal, menyaksikan kejadian tersebut dan melarang orang tersebut agar tidak loncat.

Sementara beberapa orang berusaha mencoba membujuk korban dari belakang dek kapal dan salah satunya Arham, anggota Navigasi Pelabuhan Namlea.

Saat Arham membujuk dan menasehati orang tersebut, kemudian korban mendekati Arham dan memegang tangan Arham.

Kemudian korban hendak turun, akan tetapi dikarenakan tubuh korban lebih besar dari Arham dan pegangan tangan Arham di besi kurang kuat akhirnya kedua orang tersebut jatuh bersama sama ke laut.

Penumpang yang melihat kejadian tersebut histeris dan berteriak kemudian memberitahukan kepada ABK kapal dan kemudian ABK melaporkan kejadian tersebut kepada kapten kapal.

Kapal kemudian balik arah ke lokasi tempat jatuhnya kedua penumpang tersebut untuk melakukan pencarian. Setelah dilaksanakan pencarian ditemukan korban yang hendak loncat tadi sudah dalam keadaan mengapung dan kemudian pihak kapal KM. Tidar melakukan evakuasi terhadap korban tersebut dan sesampainya di kapal korban sudah tidak dapat ditolong lagi.

Kapal melanjutkan pencarian 1 orang yang belum ditemukan yakni Arham hingga sekitar 2 jam lebih dan karena tidak juga ditemukan kemudian kapal melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Ambon

Kapal sudah menghubungindan melaporkan kejadian tersebut via radio ke pelabuhan dan SAR Ambon. Dari kejadian tersebut mengakibatkan kerugian 1 orang meninggal dunia identitas penumpang asal Bau Bau diduga korban mengalami depresi dan 1 orang belum ditemukan atas nama Arham seorang pegawai navigasi KPLP Namlea.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini