nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya Darmawan Ditahan Kejari Tanjung Perak

Syaiful Islam, Jurnalis · Selasa 16 Juli 2019 19:24 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 16 519 2079776 wakil-ketua-dprd-kota-surabaya-darmawan-ditahan-kejari-tanjung-perak-t1pdd00MT6.jpg Ilustrasi Penangkapan (foto: Shutterstock)

SURABAYA - Kejaksaan Negeri Tanjung Perak Surabaya menahan Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya berinisial Darmawan, Selasa (16/7/2019). Setelah menjalani pemeriksaan sekitar 7 jam oleh penyidik kejari Tanjung Perak Surabaya.

Darmawan diduga terlibat kasus dana hibah jaring aspirasi masyarakat (Jasmas) tahun 2016, yang merugikan keuangan negara mencapai miliaran rupiah. Sebelum menahan Darmawan, jaksa terlebih dulu menahan dua tersangka lainnya.

Baca Juga: Risma Diperiksa Kejati Jatim soal Dugaan Korupsi Bernilai Triliunan Rupiah 

Kedua tersangka itu masing-masing berinisial Sugito, yang merupakan anggota DPRD Kota Surabaya, serta Agus Setiawan Tjong. Tersangka Darmawan akan ditahan selama 20 hari ke depan di rutan Kejati Jatim.

Ilustrasi (foto: Shutterstock) 

Hal tersebut dilakukan untuk memudahkan proses penyidikan. Penahanan terhadap politikus Gerindra itu setelah penyidik mengantongi lebih dari dua alat bukti.

"Penyidik telah menemukan lebih dari dua alat bukti untuk menjerat tersangka. Tersangka kita tahan di kejati," terang Kajari Tanjung Perak Surabaya, Rachmad Supriady, Senin (16/7/2019).

Menurut Rachmad, peran tersangka dalam kasus ini mengkoordinir proposal jasmas dari RT. Kemudian tersangka mendapatkan komisi. Tersangka mengkoordinir proposal sekitar 80 proposal.

"Kami akan tuntaskan pengungkapan perkara dana jasmas ini sebagai komitmen," ucapnya.

Baca Juga: KPK Ingin Kurikulum Anti-Korupsi Masuk ke Sekolah, tapi Tidak Ada Ujiannya

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini