Haedar Nashir : Saatnya Bangun Negeri dan Akhiri Polarisasi

Kuntadi, Jurnalis · Kamis 18 Juli 2019 21:14 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 18 605 2080757 haedar-nashir-saatnya-bangun-negeri-dan-akhiri-polarisasi-vYb7PCIPm2.jpg Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir (dok. Okezone)

YOGYAKARTA – Ketua Pengurus Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir, berharap pertemuan antara Presiden Joko Widodo atau Jokowi dengan Prabowo Subianto bisa mengakhirnya polemik di negeri ini. Momentum itu harus bisa menyelesaikan polarisasi dan sengketa yang tidak berkesudahan.

“Polarisasi dan sengketa akan menjadikan bangsa ini tidak produktif,” ujar Haedar Nashir, di Kantor PP muhammadiyah Yogyakarta, Kamis (18/7/2019).

Haedar juga mengapresiasi adanya rekonsiliasi yang bisa memberikan kontribusi bagi kesatuan bangsa. Perihal nantinya partai plitik memilih bergabung dalam koalisi atau tetap dalam oposisi, itu hak politik setiap parpol.

Jokowi dan Prabowo (Foto: Muchlis/Biro Pers Kepresidenan)

“Parpol mau gabung atau tidak, itu hak politik masing-masing. Dan itu harus memberikan kemajuan untuk Indonesia,” jelasnya.

Dia juga mengaku tidak tahu terminologi dalam koalisi ataupun oposisi. Namun jika menjadi oposisi harus mampu melakukan peran cek dan balancing yang bagus untuk konstruksi politik.

“Jangan bawa ormas, akan keliru kalau ada pihak membawa ormas ke proses politik,” terang Haedar.

Bagi Jokowi, kata Haedar, mandat menjadi presiden dalam periode kedua harus menjadi modal dalam membangun bangsa ini. Negara ini adalah milik bersama seluruh masyarakat, tidak lagi terkotak-kotak dalam kepentingan politik.

Baca Juga: Kader PDIP yang Diusulkan Jadi Menteri Kewenangan Megawati

Baca Juga: Editan Fotonya Disebut Terlalu Cantik dan Digugat ke MK, Evi Apita: Semuanya Juga Diedit!

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini