nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cacat dan Tidak Bisa Berenang, Ikan Mas Koki Ini Dibuatkan "Kursi Roda"

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Sabtu 20 Juli 2019 09:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 19 18 2081177 cacat-dan-tidak-bisa-berenang-ikan-mas-koki-ini-dibuatkan-kursi-roda-EZceSjGYwo.jpg Salah satu ikan mas koki menggunakan kursi roda. Foto/Daily Mail

SEOUL - Seorang pria membuatkan “kursi roda” untuk membantu ikan mas kokinya yang cacat dan tidak bisa berenang agar tetap hidup.

Perancang busana Henry Kim (32) adalah penggemar akuarium yang memelihara lebih dari 20 ikan mas koki. Ia memiliki di tiga tangki berbeda di rumahnya di Seoul, Korea Selatan.

Henry menggunakan komponen plastik untuk membuat perangkat pelampung yang ia sebut “kursi roda” karena banyak ikannya yang mati karena gangguan kandung kemih, yang membuat ikan mas koki berenang terbalik atau tenggelam.

Foto/Mirror

Henry mengatakan penemuannya hasil penelitian yang dipelajari di internet.

“Gangguan kandung kemih dapat disebabkan oleh banyak alasan seperti makan berlebihan atau air yang tidak bersih,” kata Henry, Mengutip Daily Mail, Jumat (19/7/201).

“Saya biasanya menemukannya pada ikan yang diimpor ke Korea dari Thailand atau China.”

Foto/Mirror

Baca juga: Spesies Burung Langka Muncul Lagi di Korea Selatan Setelah Punah 40 Tahun Lalu

Baca juga: Pria Telan Ikan Mas Koki Berujung ke Pengadilan

Ia menjelaskan, ikan yang mempunyai masalah gangguan kandung kemih hanya hidup beberapa bulang.

“Tetapi berkat alat ini, salah satu ikan saya telah berumur lima bulan. ‘Kursi roda’ saya membantu mereka tetap bertahan dan memiliki umur yang lebih panjang,” ujar Henry.

Kursi roda ala Henry merupakan karung berisi gas yang membantu ikan mengendalikan daya apungnya, terhubung ke kerongkongan dan saluran pencernaan.

Banyak pemilik memberi makan ikan mas koki mereka dengan pelet, tetapi camilan ini rendah serat dan dapat menyebabkan ikan menjadi sembelit, yang bisa memberi tekanan pada kantung renang.

Pelet juga bermasalah karena mengapung di bagian atas tangki, artinya ikan harus menghabiskan banyak waktu untuk menelan makanan.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini