nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kebakaran di Pelabuhan Semarang saat Potong Bangkai Crane

Taufik Budi, Jurnalis · Jum'at 19 Juli 2019 20:25 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 19 512 2081199 kebakaran-di-pelabuhan-semarang-saat-potong-bangkai-crane-BjEdNwNvZB.jpg Foto: Okezone

SEMARANG - Api berkobar saat pemotongan bangkai container crane (CC) yang roboh akibat dihantam kapal MV Soul of Luck beberapa hari lalu. Mobil pemadam kebakaran yang bersiaga di lokasi segera menjinakkan api sebelum merambat ke tempat lain.

"Jadi dalam rangka evakuasi dan pemindahan bangkai crane, dilakukan proses pemotongan dan pengelasan," kata Humas Pelindo III Pelabuhan Tanjung Emas, Diah Ayu Puspitasari kepada wartawan, Jumat (19/7/2019).

 Baca juga: KNKT Akan Selidiki Penyebab Kapal Tabrak Crane di Pelabuhan Semarang

Dia juga mengatakan, di bawah bangkai crane terdapat tanki bahan bakar minyak (BBM). Meski telah dikuras, namun masih terdapat sisa-sisa BBM yang langsung berkobar ketika terkena percikan api las.

"Perlu diketahui bahwa dalam bangkai container crane dan alat yang tertimpa crane ada tanki BBM-nya. Meskipun telah dikuras ternyata dalam proses pengelasan terjadi percikan dan menyambar BBM atau bahan lain yang mudah terbakar," terangnya.

Crane roboh

Baca juga: Detik-Detik Kapal Tak Terkendali hingga Tabrak Dermaga Pelabuhan Semarang

Dia meyakinkan, selama proses pemotongan bangkai container crane telah memenuhi standar keamanan. Termasuk penyediaan mobil pemadam kebakaran yang langsung bergerak ketika api berkobar.

"Dalam proses tersebut sesuai standar safety kita standby-kan pemadam kebakaran untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Semua telah dimanajemen dengan baik dan api sudah dipadamkan hanya sebentar saja tadi. Cuna di bekas container yang tertimpa container crane (apinya)," tandasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini