nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mobil Sport Seharga Rp3 Miliar Akan Dijadikan Monumen di Pos Lintas Batas Entikong

Ade Putra, Jurnalis · Minggu 28 Juli 2019 10:14 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 28 340 2084556 mobil-sport-seharga-rp3-miliar-akan-dijadikan-monumen-di-pos-lintas-batas-entikong-dCV1yj8R6K.jpg TNI Gagalkan Penyelundupan Mobil Sport Mewah Seharga Rp3 Miliar dari Malaysia ke Indonesia (foto: Ist)

ENTIKONG - Mobil sport senilai Rp3 miliar rencananya akan dijadikan monumen di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.

Mobil jenis Porsche 911 seri Carerra itu merupakan barang selundupan yang berhasil oleh Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643 Wanara Sakti (Wns) di Guna Banir, Kecamatan Sekayam, perbatasan antara Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat dengan Malaysia.

Baca Juga: TNI Gagalkan Penyelundupan Mobil Mewah Asal Malaysia 

Penyelundupan Mobil Sport Mewah dari Malaysia ke Indonesia (foto: Ist)

Kepala Seksi Penyuluhan dan Kepatuhan Internal Bea Cukai Entikong, Erif Budi Safety mengatakan, adanya rencana menjadikan mobil ini sebagai monumen merupakan bentuk memberikan efek jera kepada pelaku yang hendak melakukan kejahatan serupa.

"Kita berikan efek jera kepada pelaku. Kita cari cara agar mobil ini bisa dijadikan monumen di PLBN Entikong supaya penyelundupnya kapok," ujar Erif, kepada sejumlah wartawan, Minggu (28/7/2019).

Sebagaimana diketahui, pengungkapan penyelundupan ini berawal dari informasi masyarakat yang didapat prajurit Satgas Pamtas. Dimana informasi itu menyebutkan akan ada pemasukan mobil mewah dari Malaysia melalui jalur lintas batas di Sekayam.

Informasi itu kemudian ditindaklanjuti dengan melakukan pengintaian di jalur-jalur yang berpotensi digunakan untuk memasukkan mobil.

Satgas Pamtas kemudian membentuk tim khusus. Malam Sabtu (26/7/2019), tim sudah di lokasi pengintaian. Di lokasi, tim ada mendengar suara mobil mengarah ke seputaran Camp Ngabang di antara Segumon dengan Guna Banir.

Baca Juga: Modus Baru Penggelapan Mobil Mewah, "Dibuang" di Tengah Sawah Supaya Dilelang Murah 

Mobil Mewah asal Malaysia yang Gagal Diselundupkan ke Indonesia (foto: Ist)

Tim lantas mendekati sumber suara mobil itu. Dan benar saja, tim menemukan satu unit Porsche 911 seri Carerra. Sementara, tak satu pun ditemukan orang di sekitarnya.

Kepala Cabang Kejaksaan Negeri Sanggau di Entikong Akwan Annas mengatakan, belajar dari kasus-kasus sebelumnya, sindikat penyelundupan mobil mewah ini menggunakan pola terputus agar pemilik maupun pemesannya tidak terendus.

"Hasil penelusuran dan koordinasi ke beberapa tempat, mobil ini tujuannya ke Semarang. Mobilnya itu dari sini dibawa ke Kumai (Kalimantan Tengah) dulu, dari Kumai dibawa lagi ke Semarang. Mereka gunakan jaringan terputus," tutur Akwan.

Mobil Mewah asal Malaysia yang Gagal Diselundupkan ke Indonesia (foto: Ist)

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini