Satgas Karhutla Riau Tegur 5 Perusahaan

Banda Haruddin Tanjung, Okezone · Senin 29 Juli 2019 23:30 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 29 340 2085155 satgas-karhutla-riau-tegur-5-perusahaan-H5BWQXhQCR.jpg Satgas Karhutla Riau (Foto: Banda Haruddin Tanjung)

PEKANBARU - Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) melayangkan surat teguran kepada lima perusahaan di Riau. Teguran kepada korporasi karena adanya kebakaran di sekitar perusahaan.

Lima perusahaan yang ditergur itu adalah PT Priatama Rupat (Surya Dumai Group), PT Jatim Jaya Perkasa Teluk Bano II, PT Wahana Sawit Subur Indah Siak, PT Seraya Sumber Lestari Siak dan PT Langgam Inti Hibrindo (LIH) di Kabupaten Pelalawan.

Kepala Dinas Operasi (Kadisops) Pangkalan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Kolonel Jajang Setiawan mengatakan, menemukan titik kebakaran di antara 2 sampai 5 kilometer sekitar perusahaan. Di mana, sesuai aturan, perusahaan yang menanganinya.

"Kita sudah sampaikan kepada atasan Komandan Satgas Karhutla Riau dalam hal ini Pak Gubernur (Syamsuar) terkait lima perusahaan tersebut. Kemudian Satgas Karhutla melayangkan surat teguran kepada korporasi tersebut," ucap Kolonel Jajang Senin (29/7/2019) di Posko Karhutla Riau di Pekanbaru.

Baca Juga: Kebakaran Hutan, Riau Berpotensi Kirim Asap ke Malaysia dan Singapura

Dia mengatakan, jika terjadi kebakaran di areal perusahaan, maka pemerintah tidak bertanggungjawab untuk menananganinya sendiri. Kalau pun pemerintah harus menangani, harus ada kriterianya seperti dampak yang besar kepada masyarakat luas.

Karhutla Riau

Jajang menyebut, semua perusahaan wajib memiliki fire brigade. Tim inilah yang selalu bertugas untuk menangani kebakaran di sekitar perusahaan.

"Fire Brigade bertugas memadamkan kebakaran di area perusahaan. Dibawa radius 5 kilometer merupakan daerah yang wajib ditangani. Kita sudah menyerahkan kasus ini ke Satgas Penegakan Hukum Karhutla Riau dalam hal ini pihak kepolisian," ujar Jajang yang juga tim Satgas Udara Karhutla Riau.

Baca Juga: Kebakaran Lahan Perusahaan Sawit di Siak Teratasi Setelah Diguyur Hujan

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini