nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Bagikan Sertifikat Tanah kepada Masyarakat Danau Toba

Robert Fernando H Siregar, Jurnalis · Selasa 30 Juli 2019 21:32 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 30 608 2085666 jokowi-bagikan-sertifikat-tanah-ke-masyarakat-danau-toba-EBe0ppiK4e.jpg Presiden Jokowi bagikan sertifikat tanah ke masyarakat Danau Toba, Sumut (Foto: Robert Fernando Siregar)

SAMOSIR - Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana dalam Kunjungan Kerja (Kunker) ke Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) membagikan seribuan sertifikat tanah kepada masyarakat di Kawasan Danau Toba (KDT).

Jokowi membagikan sertifikat tanah di lapangan bola di Desa Ambarita, Kecamatan Simanindo, Samosir, didampingi Menko Maritim Luhut Panjaitan, Menteri Perhubungan Budi Karya, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Baca Juga: Jokowi Mengunjungi Lokasi Wisata Salib Kasih di Tapanuli Utara 

Masih banyak sertifikat yang belum diselesaikan, sebut Jokowi. Sejak tahun 2015, ada 126 juta lahan yang belum bersertifikat. Hingga tahun 2019, masih 46 juta yang terealisasi. Sehingga, masih ada 80 juta lahan yang belum bersertifikat.

"Bahwa memang masih banyak sertifikat yang belum diselesaikan. Di tahun 2015, ada 126 juta sertifikat yang harus dipegang masyarakat. Namun selesai baru 46 juta. Masih ada 80 juta yang belum selesai di seluruh Tanah Air," ujar Jokowi dalam sambutannya.

Jokowi menuturkan, selalu saja menemukan masalah sengketa lahan di daerah-daerah, bahkan banyak terjadi konflik lahan. "Banyak sengketa tanah. Banyak konflik tanah. Inilah tanda bahwa sudah memiliki hak hukum yang kita miliki. Saya kalau pergi ke desa, selalu ditemui masalah sengketa tanah," tuturnya sembari menyatakan untuk tahun 2019 memiliki target 9 juta sertifikat.

 Jokowi bagikan sertifikat di Danau Toba

Jokowi menargetkan pada tahun 2025, seluruh tanah sudah bersertifikat. Termasuk seluruh lahan yang ada di KDT. Tujuan pemerintah memberikan sertifikat ke rakyat untuk kepastian hukum yang jelas.

Presiden Jokowi juga mempersilakan warga untuk mengagunkan sertifikat bila untuk keperluan usaha. Namun, Jokowi berharap masyarakat tetap memikirkan penggunaan uang pinjaman agar tidak membebani ekonomi pribadi.

Baca Juga: Jokowi Akan Tinjau Sejumlah Destinasi Wisata di Danau Toba 

Pada acara penyerahan sertifikat, Jokowi meminta tiga orang penerima sertifikat untuk naik ke podium. Para penerima sertifikat diminta untuk menjelaskan penggunaan sertifikat. Misalnya, Rusman Sinaga warga Bisar Maligas Simalungun mengungkapkan akan mengagun sertifikat untuk kepentingan membangun rumah.

Setelah itu, Jokowi meminta penerima sertifikat untuk melafalkan poin Pancasila. Dalam pelafalan Pancasila terdengar penerima sertifikat tidak begitu hafal. Jokowi pun membantu penerima sertifikat. Presiden juga memberikan sepeda bagi tiga penerima sertifikat yang naik ke atas podium.

Jokowi mengaku sangat senang bisa berada di Kabupaten Samosir untuk ke dua kalinya. "Saya sangat senang sekali bisa hadir ke Pulau Samosir. Ini yang kedua dan saya bagikan seribuan sertifikat," ujar Jokowi.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini