nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pria 72 Tahun Asal Korea Selatan Bakar Diri karena Marah dengan Jepang

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Jum'at 02 Agustus 2019 10:12 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 02 18 2086763 pria-72-tahun-asal-korea-selatan-bakar-diri-karena-marah-dengan-jepang-XsJFh8Ivw4.jpg Ilustrasi Foto/Okezone

SEOUL - Seorang pria Korea Selatan berusia 72 tahun dalam kondisi kritis setelah membakar dirinya di Seoul, karena marah terhadap Jepang di tengah ketegangan antar kedua negara yang memburuk.

Seorang pejabat dari Kantor Polisi Jongno Seoul, mengutip Daily Mail, Jumat (2/8/2019) mengatakan pria itu dirawat di rumah sakit karena luka bakar di seluruh tubuhnya.

Polisi di lokasi kejadian menemukan sebuah tas yang kemungkinan milik pria itu. Dalam tas itu berisi memo dan selebaran yang mengkritik Jepang atas keputusannya untuk memperketat kendali atas ekspor teknologi tinggi ke Korea Selatan.

Foto/Reuters

Di dalam selebaran itu juga ada sumpah untuk melawan Tokyo sampai Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe meminta maaf.

Baca juga: Sekretaris Kabinet: Hubungan Jepang-Korea Selatan Sangat Parah

Baca juga: 7 Warga Korea Selatan Terobos Masuk Konsulat Jepang di Busan

Polisi juga menemukan sebuah buku almarhum Kim Bok-dong, yang merupakan salah satu korban perbudakan seksual militer Jepang selama Perang Dunia II.

Insiden itu terjadi beberapa minggu setelah seorang pria Korea Selatan berusia 78 tahun meninggal setelah bakar diri di dekat Kedutaan Besar Jepang di Seoul.

Jepang dan Korea Selatan berselisih dalam persoalan hambatan ekspor, yang dikenakan Jepang atas bahan-bahan teknologi tinggi tertentu menuju Korea Selatan.

"Hubungan Jepang-Korsel sekarang dalam keadaan sangat parah," kata Menteri Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga mengutip Reuters, Kamis (24/7).

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini