nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Keluar Ladang Minyak Chevron, Harimau Sumatera Lompati Pagar 2 Meter

Kamis 08 Agustus 2019 09:14 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 08 340 2089205 keluar-ladang-minyak-chevron-harimau-sumatera-lompati-pagar-2-meter-ZDMy0FgUgY.JPG Harimau Sumatera (Foto: YouTube)

PEKANBARU - Seekor harimau sumatera liar yang sebelumnya berkeliaran di dekat fasilitas minyak PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) akibat kabut asap kebakaran hutan dan lahan (karhutla), ditengarai telah pergi menjauhi area itu dengan melompati pagar setinggi dua meter.

Kepala Bidang Wilayah II Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Heru Sutmantoro di Pekanbaru, Kamis (8/8/2019) mengatakan, tim penyelamat satwa menyimpulkan hal tersebut setelah melakukan pemeriksaan di area stasiun pengumpul atau Gathering Station (GS) 5 Chevron di Minas, Kabupaten Siak.

“Hasil pemeriksaan lokasi memang ada kejadian harimau sumatera masuk area GS. Setelah tim melakukan pemeriksaan lokasi, ditemukan jejak harimau dan sudah mengarah ke luar GS dengan cara melompat pagar setinggi dua meter,” katanya, melansir dari Antaranews.

Ia memperkirakan satwa belang itu sekadar melintas menuju Taman Hutan Raya Sutan Syarif Hasyim yang berjarak kurang lebih 12 kilometer dari lokasi kejadian. “Upaya untuk mengeluarkan harimau sudah dilakukan dengan membunyikan senjata api tapi keberadaan harimau tetap tidak muncul,” katanya.

Selanjutnya, Tim BBKSDA Riau akan melakukan pendampingan terhadap aktivitas kerja di GS 5 Chevron selama diperlukan.

Sebelumnya, seekor harimau sumatera (Panthera Tigris Sumatrae) terekam kamera petugas pengamanan di Kilometer 5 Jalan Lintas Timur Sumatera, dekat fasilitas GS 5 Chevron di Minas, Kabupaten Siak, Rabu kemarin. Video amatir yang direkam petugas sekuriti Chevron menyebar luas atau viral di media sosial.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini