Asyik Ngelem di Lahan Kosong, 5 Anak Putus Sekolah Ditangkap

Sigit Dzakwan, iNews.id · Jum'at 09 Agustus 2019 22:03 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 09 340 2089991 asyik-ngelem-di-lahan-kosong-5-anak-putus-sekolah-ditangkap-NToS5gAqUg.jpg Foto Ilustrasi shutterstock

KOBAR - Sedang asyik ngelem (mabuk lem), lima anak putus sekolah yang masih di bawah umur ditangkap Satpol PP Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah, Jumat (9/8/2019) sekira pukul 09.00 WIB.

Kelimanya adalah laki laki IJ (16), BS (16) dan EA (20) serta dua perempuan kecil MC (14) dan US (13) yang semuanya anak putus sekolah warga Kampung Baru, Pangkalan Bun.

“Awalnya kami dari lembaga sosial Lentera bersama anggota Satpol PP Kobar akan melakukan kegiatan sosial di sekitar PO Logos Jalan Ahmad Yani. Namun di saat itu pula kami melihat ada 6 anak nongkrong di lahan kosong. Setelah kita dekati satu anak kabur naik motor, dan yang kita jumpai 5 anak ini dan di sekelilingnya terdapat lem Q Bong bekas dihirup,” ujar warga sekaligus tim Lentera, Mayang P di Markas Satpol PP Kobar, Jumat (9/8/2019).

 Ngelem

Selanjutnya, tim Lentera dan Satpol PP menginterogasi anak-anak tersebut dan mengamankan dua kaleng lem Q Bond yang usai dihirup.

"Kalau yang terlihat parah itu laki laki EA. Sudah kayak ketagihan gitu, wajahnya sudah memerah mabuk dan sepertinya sudah kecanduan. Sehingga kalau diajak ngomong agak tidak nyambung,” jelas Mayang.

Selanjutnya kelima anak tersebut beserta barang bukti dibawa ke markas Satpol PP untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

“Sementara ini kita data terlebih dahulu, sekaligus menginterogasi mereka apakah sudah sering ngelem atau baru sekali. Tapi kalau dilihat memang sudah kecanduan,” ujar Penyidik PNS Satpol PP dan Damkar Kobar, Mustawan Lutfi.

Ia menegaskan, orangtua kelima anak tersebut akan dipanggil supaya mengetahui anak anaknya melakukan hal yang menyimpang.

“Selain itu nantinya akan kita minta membuat surat pernyataan untuk tidak mengulangi lagi dan kita bina supaya ke depan menjadi anak yang lebih baik lagi,” sambungnya.

Sementara itu, EA (20) laki laki yang lebih dewasa mengaku sudah keragihan dengan lem Q Bond sejak lama. “Iya, saya sudah lama menghirup aroma lem ini dan sudah nyandu,” jawabnya singkat dengan terbata bata.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini