nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Korea Utara Luncurkan Rudal Balistik untuk Kelima Kali dalam Sebulan

Rahman Asmardika, Jurnalis · Sabtu 10 Agustus 2019 11:32 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 10 18 2090162 korea-utara-luncurkan-rudal-balistik-untuk-kelima-kali-dalam-sebulan-y1kOa85sG3.jpg Foto: Reuters.

SEOUL – Korea Utara pada Sabtu kembali menembakkan dua rudal yang diyakini sebagai rudal balistik jarak pendek ke laut. Ini adalah peluncuran rudal kelima yang dilakukan Pyongyang dalam beberapa pekan terakhir.

Jika terkonfirmasi, maka peluncuran tersebut merupakan pelanggaran terhadap 11 resolusi Dewan Keamanan PBB terhadap Korea Utara.

BACA JUGA: Korea Utara Kembali Luncurkan Rudal Balistik, Keempat Kalinya dalam Dua Pekan

Dalam pernyataan dari militer Korea Selatan yang dilansir BBC, Sabtu (10/8/2019), rudal-rudal itu ditembakkan dari dekat kota timur Hamhung di Provinsi Hamgyong Selatan dan mendarat di Laut Jepang, sebelah timur semenanjung Korea.

Rudal tersebut diluncurkan pada pukul 05:34 dan 05:50 waktu setempat dan terbang sekira 400 km, pada ketinggian sekitar 48 km dengan kecepatan maksimum lebih dari Mach 6.1.

Peluncuran terakhir terjadi setelah Trump mengatakan bahwa dia baru saja menerima “surat yang sangat indah” dari Kim Jong-un.

BACA JUGA: Kim Jong-un: 2 Rudal Ditembakkan Sinyal Peringatan untuk Korea Selatan

"Itu adalah surat yang sangat positif," kata Trump kepada wartawan di Gedung Putih. "Kurasa kita akan mengadakan pertemuan lagi. Dia benar-benar menulis tiga halaman yang indah - maksudku hebat dari atas ke bawah - surat yang sangat indah."

Korea Utara telah melakukan serangkaian peluncuran rudal sejak pertemuan Kim Jong-un dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump di Zona Demiliterisasi. Peluncuran tersebut diyakini sebagai bentuk protes Pyongyang terhadap latihan militer gabungan yang akan dilakukan Korea Selatan dan AS.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini