nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Teruskan Tradisi Keluarga, Anies Sembelih Sendiri Hewan Kurbannya

Muhamad Rizky, Jurnalis · Minggu 11 Agustus 2019 12:22 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 11 338 2090479 teruskan-tradisi-keluarga-anies-sembelih-sendiri-hewan-kurbannya-dBjEnWXtQs.jpg Anies saat menyembelih hewan kurbannya. (Foto: M Rizky/Okezone)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyerahkan hewan kurban untuk warga sekitar rumahnya di Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Hal yang menarik, Anies menyembelih sendiri hewan kurbannya.

Anies menceritakan, bukan kali pertama dirinya melakukan penyembelihan hewan kurban. Sejak menempuh pendidikan SMA di Yogyakarta dia mengaku sudah pernah melakukan hal tersebut.

"Pada masa SMA (di Yogyakarta), itu kita banyak menyelenggarakan kurban di desa-desa. Jadi pengalaman pertama saya ketika SMA kelas 2, di Gunung Kidul," kata Anies di Lebak Bulus, Minggu (11/8/2019).

Sejak saat itu, dirinya selalu berusaha untuk menyembelih sendiri hewan kurbannya. Hal itu terus berlanjut hingga duduk di bangku kuliah. "Setiap Idul Adha, kambing dari keluarga kami, maka saya akan potong sendiri," ujarnya.

Anies saat menyerahkan hewan kurbannya.

Kebiasaan Anies itu mencontoh sang ayah, Rasyid Baswedan. Ia pun berusaha agar tradisi keluarga tersebut bisa terus diturunkan kepada anak-anaknya.

"Dulu ayah juga begitu, jadi saya nerusin kebiasaan, dan anak-anak saya biar lihat. Mereka tentu belum melakukan sekarang. Tapi seperti saya, menyaksikan ayah saya dulu memotong kambing kurbannya sendiri, sekarang saya pun yang saya potong adalah kurban saya sendiri. Mudah-mudahan nanti InsyaAllah anak-anak meneruskan tradisi itu," ujarnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini