nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kurangi Polusi Udara, Pemprov DKI Luncurkan Aplikasi E-Uji Emisi

Fadel Prayoga, Jurnalis · Selasa 13 Agustus 2019 10:47 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 13 338 2091216 kurangi-polusi-udara-pemprov-dki-luncurkan-aplikasi-e-uji-emisi-SP3AdLAV7X.jpg Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat mengecek uji emisi (foto: Fadel/Okezone)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan meluncurkan aplikasi e-uji emisi. Aplikasi berbasis android ini terintegrasi dengan database hasil uji emisi kendaraan bermotor di ibu kota, sehingga status setiap kendaraan dapat dicek secara oleh pemilik kendaraan maupun petugas Dinas Lingkungan Hidup (LH).

"Ini akan disambungkan dengan sistem perpajakan akan disambungkan dengan perparkiran dan akan disambungkan dengan smart city kita sehingga data hasil emisi itu akan menjadi agregat data yang bermanfat," kata Anies di Balaikota Jakarta, Jakarta Pusat, Selasa (13/8/2019).

 Baca juga: Kurangi Polusi Ibu Kota, Kendaraan Tak Lulus Uji Emisi Akan Dikenai Tarif Mahal

Anies menjelaskan, setiap kendaraan yang lolos uji emisi, maka nantinya pemiliknya akan mendapatkan kemudahan. Salah satunya yaitu, akan diberikan tarif parkir yang murah dan diizinkan untuk mengurus perpanjangan STNK atau pembayaran pajak kendaraan.

"Apa insentifnya? Nanti terkait dengan harga parkir terkait dengan perpanjangan STNK terkait dengan pajak kendaraan bermotor jadi uji emisi ini menjadi sebuah keharusan untuk bisa mengurus yang lain," ujarnya.

Uji Emisi

Ia menyebutkan, pihaknya menargetkan pada 2020 mendatang seluruh kendaraan yang melintas sudah lolos uji emisi. Ia berharap dengan adanya kebijakan itu dapat memperbaiki kualitas budara di Ibu Kota.

"Kualitas udara kita ditentukan oleh kualitas risedu yang kita keluarkan dari semua kegiatan ekonomi baik produksi pabrik sampai kegiatan menggunakan kendaraan bermotor," katanya.

Baca juga: Tekan Polusi Kendaraan, Anies: Jakarta Butuh 700 Bengkel Uji Emisi

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Andono Warih menjelaskan, aplikasi ini memiliki beragam fitur dan baru bisa diunduh dalam ponsel android. Salah satu fiturnya adalah informasi singkat mengenai uji emisi, peraturan-peraturan terkait yang menjadi dasar hukum pelaksanaannya dan lokasi bengkel pelaksana uji emisi terdekat.

"Selain itu, tersedia fasilitas pengecekan hasil uji emisi dengan cukup meginput nomor polisi masing-masing kendaraan," kata dia.

Aplikasi ini, lanjut Andono, merupakan komponen penting dalam memperketat ketentuan uji emisi bagi seluruh kendaraan yang beroperasi di wilayah DKI Jakarta. Pengetatan uji emisi diinstrusikan gubernur melalui Ingub Nomor 66 Tahun 2019 tentang Pengendalian Pencemaran Udara.

“Ke depan, seluruh kedaraan pribadi maupun angkutan umum yang beroperasi di wilayah Jakarta diwajibkan lulus uji emisi,” kata Andono.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini