nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tambang Minyak Ilegal di Jambi Meledak

Azhari Sultan, Jurnalis · Selasa 13 Agustus 2019 20:16 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 13 340 2091520 tambang-minyak-ilegal-di-jambi-meledak-3Z3tU2Zmp8.jpg Tambang minyak ilegal meledak di Jambi (Foto: Azhari Sultan)

JAMBI - Tambang minyak ilegal di Desa Pompa Air, Kecamatan Bajubang, Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi meledak, Selasa (13/8/2019).

Dari informasi yang didapat, meledaknya tambang sumur minyak tanpa izin tersebut, diduga akibat korsleting dari percikan api canting yang bergesekan dengan besi galvanis. Beruntung tidak ada korban jiwa atas kejadian itu.

Baca Juga: Polisi Pastikan Ledakan di Kantor Kemenlu karena Motor Terbakar 

Kasat Intel Polres Batanghari Iptu Eddy Yanuar yang dihubungi membenarkan ada sumur minyak ilegal meledak.

"Iya kejadiannya Selasa tadi. Nama pemilik sumur Cikman, warga Palembang. Ada sebanyak dua sumur serta tiga penampungan bak minyak ikut terbakar," tuturnya.

Ilustrasi

Menurutnya, sumur ilegal milik Cikman berada di lahan milik Sukmandok, warga RT 01, Desa Bungku, Kecamatan Bajubang, Kabupaten Batanghari.

"Untuk TKP di Desa Pompa Air, tepatnya dekat wilayah kerja pertamina (WKP), Kecamatan Bajubang," ungkap Eddy.

Dia menambahkan, saat kejadian ada percikan api dari canting yang bergesekan dengan besi galvanis. "Pekerja saat itu lagi memompa minyak dengan menggunakan kendaraan bermotor yang telah dimodifikasi, tiba- tiba ada percikan api dan menyambar," ujarnya.

Baca Juga: Penyebab Gas Air Mata yang Meledak di Tas Anggota Polri Akhirnya Terkuak 

Selanjutnya, percikan api tersebut menyambar ke dalam bak penampungan minyak sehingga menyebabkan api membesar dan terdengar bunyi ledakkan.

"Api baru dipadamkam oleh warga sekitar dengan menggunakan racun api dan air detergen. BB yang kita amankan, mesin robin, selang, dan canting minyak," tuturnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini