nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jejak Tapir Korban Karhutla Hebohkan Warga Inhu Riau

Banda Haruddin Tanjung, Jurnalis · Rabu 14 Agustus 2019 00:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 13 340 2091548 jejak-tapir-korban-karhutla-hebohkan-warga-inhu-riau-eWGm99WfBT.jpg Jejak Tapir yang sempat menghebohkan warga (Foto: Ist)

PEKANBARU - Warga Kelurahan Sungai Beringin, Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau dihebohkan dengan kemunculan jejak tapak misterius. Warga mengira jejak itu adalah harimau Sumatera. Di mana banyak kasus konflik manusia dan harimau di Indragiri Hilir (Ilhil).

Mendapatkan laporan warga, Tim Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau melakukan identifikasi temuan yang diduga jejak misterius itu. Tim BBKSDA mendatangi lokasi pada 12 Agustus 2019.

Kepala BBKSDA Riau Suharyono mengatakan, dari hasil identifikasi dan observasi di lapangan jejak misterius itu bukan harimau melainkan jejak kaki satwa tapir (tapirus indicus).

Jejak Tapir

"Jadi bukanlah harimau Sumatera, tapi tapir yang keluar dari habitatnya dikarenakan adanya lahan terbakar," kata Suharyono, Selasa (13/8/2019).

Menurut warga, jejak kaki misterius itu sudah sering nampak di dekat pemukiman dan kebun warga. BBKSDA memastikan agar warga tidak takut.

"Tim melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak resah dengan kemunculan satwa tapir. Kita juga menyampaikan bahwa satwa tersebut tidak membahayakan. Tapir merupakan salah satu satwa yang dilindungi oleh undang undang sehingga tidak boleh diburu," imbuh Suharyono.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini