nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Tahun Lebih di Riau, Imigran Minta Diterbangkan ke Negara Ketiga

Banda Haruddin Tanjung, Jurnalis · Senin 19 Agustus 2019 15:04 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 19 340 2093833 6-tahun-lebih-di-riau-imigram-minta-diterbangkan-ke-negara-ketiga-HkFWCp26qA.jpg Anak-anak imigran di Riau turut berunjuk rasa di depan Kantor UNHCR Pekanbaru (Foto: Banda/Okezone)

PEKANBARU - Kantor United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) perwakilan di Pekannbaru, Riau, disambangi ratusan Imigran dari berbagai negera. Kedatangan mereka menuntut agar segera diberangkatkan ke negara ketiga.

Aksi demo ini diikuti oleh imigran dari Afganistan, Pakistan, Banglades dan beberapa negara lainnya. Selain orang dewasa, puluhan anak imigran juga ikut berdemontrasi. Mereka membawa berbagai spanduk yang tulisannya meminta segera berangkatkan ke Kanada atau Australia.

"Kita sudah lebih enam tahun berada di Riau. Kita datang ke UNHCR ini meminta seegra diberangkat ke negara ketiga. Karena Indonesia bukan negara tujuan kita. Kita ingin diberangkat ke Kanada atau Australia agar bisa menjadi warga negara sana," kata Syawaludin Sahab juru bicara imigran Senin (19/8/2019).

Ratusan imigran berunjuk rasa di depan kantor UNHCR di Pekanbaru (Foto: Banda/Okezone)

Ketidakjelasan kapan keberangkatan para imigran yang sudah bertahun-tahun di Pekanbaru membuat mereka resah.

"Kita ingin hidup layak. Kita ingin bekerja, mencari nafkah. Selama di sini kita tidak bisa berbuat apa-apa, tidak bisa bekerja. Untuk itu kita mendesak UNHCR segera berangkat kami. Kita demo seperti ini agar dunia tau nasib kita," ucap Imigran asal Afganistan itu.

Baca Juga: Ganggu Istri Orang, Pengungsi Afganistan Diamankan di Pekanbaru

Aksi demo ini dikawal oleh pihak kepolisian. Imigran yang bersatus sebagai pengungsi tinggal di berbagai tempat. Kebanyakan mereka dipisah-pisahkan sesuai dengan negara masing-masing.

"Total imigran di Pekanbaru ada 1008," imbuh Imigran yang sudah fasih berbahasa Indonesia itu. (aky)

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini