nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Banten Masuki Puncak Kemarau, Diprediksi 60 Hari Tak Turun Hujan

Rasyid Ridho , Jurnalis · Rabu 21 Agustus 2019 23:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 21 340 2094999 banten-masuki-puncak-kemarau-diprediksi-60-hari-tak-turun-hujan-85wGFGhuUf.jpg Ilustrasi

SERANG - Wilayah Provinsi Banten mulai memasuki puncak musim kemarau hingga dua bulan kedepan. BMKG pun meminta masyarakat mewaspadai kelangkaan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi pada Stasiun Klimatologi Tangerang Selatan Yanuar Hendri mengatakan, beberapa wilayah di Banten 60 hari kedepan terpantau tidak akan turun hujan. Dengan kata lain, Banten dan sekitarnya kini sudah memasuki puncak musim kemarau.

“Terpantau tidak hujan selama lebih dari 60 hari, antara lain di wilayah Jakarta. Kemudian di wilayah Tangerang, kemudian Serang di bagian utara, di Pandeglang di wilayah selatan dan Lebak bagian selatan,” kata Yanuar. Rabu (21/8/2019).

Ia menuturkan, dari kondisi itu pula timbuk beberapa potensi dampak yang harus diwaspadai seperti berkurangnya kapasitas air bersih.

“Musim hujan untuk Banten nanti paling cepat di akhir Oktober. Dari Agustus sampai Oktober ini kan masih ada sekitar dua bulan lagi. Himbauannya lebih kepada (suplai) air bersih akan menurun, defisit kapasitasnya, mungkin bisa lebih kepada penghematan air bersih,” ujarnya.

Ilustrasi

Selain itu, peningkatan potensi polusi udara pada musim kemarau akan terjadi dari menumpuknya hasil pembuangan dari pembakaran bahan bakar kendaraan. Saat musim kemarau, polusi udara yang terlempar ke atmosfer bisa dinetralisir oleh air hujan yang turun.

“Biasanya yang akan menetralkan atmosfer itu hujan. Jadi kemungkinan adanya hujan, atmosfer akan kembali normal polusinya. Akan Tetapi karena perkirannya tidak hujan maka polusinnya menumpuk bagi atmosfer,” ungkapnya.

Berikut wilayah berstatus awas

1. Kabupaten Lebak di Kecamatan Bayah, Kecamatan Cilograng,

Kecamatan Cimarga, Kecamatan

Malingping.

2. Kabupaten Pandeglang di Kec. Cikeusik, Cibaliung, Cimanggu.

3. Serang di Kecamatan Ciruas dan Walantaka.

4. Tangerang di Kecamatan Teluk Naga, Sepatan, Mauk, Cengkareng, Ciputat, Kresek, Cipondoh, Kronjo, Kemiri, Pasar Kemis, Tangerang.

Status Siaga

1. Tangerang di Kecamatan Sukamulya, Legok, Serpong, Sukamulya, Kresek

2. Tangerang Selatan di Kecamatan Pondok Aren, Serpong

3. Serang di Kecanatan Carenang, Cinangka, Kibin, Kramatwatu, Ciomas, Pamarayan, Cilodong, Tirtayasa

4. Kabupaten Pandeglang Cipeucang,

Banjarsari ,Jiput, Labuhan, Munjul,

Pagelaran, Pulosari, Sobang

5. Kabupaten Lebak di kecamatan Banjarsari, Cibeber, Cihara, Cikulur,

Gunung Kencana, Cijaku, Rangkasbitung, Maja, Malingping, Warung Gunung.

Status Waspada

Kabupaten Lebak di Kecamatan Cileles, Panggarangan, Rangkasbitung. Di Kabupaten Pandeglang di Kecamatan Mandalawangi, Menes, dan di Tangerang hanya Kecamatan Cisoka.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini