Iran Kirim 2 Kapal Perang ke Teluk Aden di Tengah Ketegangan dengan AS

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 27 Agustus 2019 12:45 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 27 18 2097160 iran-kirim-2-kapal-perang-ke-teluk-aden-untuk-lindungi-kapal-dagangnya-QOHQYjdqE3.jpg Foto: Reuters.

TEHERAN - Iran mengirimkan kapal perusak dan kapal pengangkut helikopter untuk melindungi kapal-kapal dagangnya di Teluk Aden di tengah peningkatan kekuatan militer Amerika Serikat (AS) di kawasan itu dan penyitaan kapal tanker yang dilakukan oleh kedua negara.

“Kapal perusak ‘Sahand ’dan kapal pembawa helikopter ‘Khark’ telah dikirim ke Teluk Aden dan Laut Oman untuk mengawal kapal-kapal Iran dan memberi mereka keamanan di perairan internasional,” demikian disampaikan Kepala Staf Iran Laksamana Muda Habibollah Sayyari sebagaimana dilansir RT, Selasa (27/8/2019).

BACA JUGA: Kapal Tanker Jepang Dihantam Dua "Obyek Terbang" dalam Serangan di Teluk Oman

'Sahand', mulai dioperasikan pada Desember 2018, adalah kapal perang buatan Iran yang paling mutakhir. Kapal itu memiliki lambung siluman dan dapat melakukan perjalanan jauh lebih jauh dari kapal perusak kelas sebelumnya tanpa mengisi bahan bakar. ‘Sahand’ dipersenjatai dengan berbagai rudal jelajah anti-kapal, torpedo, dan senjata anti-pesawat.

Langkah Teheran itu dilakukan di tengah meningkatnya ketegangan di kawasan Teluk, dengan kapal perang AS dan Inggris beroperasi di dalam dan sekitar Teluk Persia dengan alasan melindungi kapal-kapal tankernya di kawasan itu dari agresi Iran, yang dituduh berada di balik serangan terhadap dua kapal tanker di Selat Hormuz.

Situasi bertambah tegang setelah kapal tanker Iran 'Grace 1' ditahan di lepas pantai Gibraltar karena diduga membawa minyak ke Suriah yang merupakan pelanggaran atas sanksi Uni Eropa. Kapal yang kemudian berganti nama menjadi Adrian Darya itu kemudian dilepaskan, meskipun ada permintaan AS untuk menahannya lagi.

BACA JUGA: Abaikan Permintaan AS, Gibraltar Bebaskan Kapal Tanker Iran yang Ditahan

Sebagai tindakan pembalasan, Iran menahan kapal tanker minyak Inggris di Teluk Persia, yang sampai saat ini masih ditahan di Teheran.

AS dan sekutu dekatnya, Inggris, telah mengirimkan tiga kapal perang untuk meningkatkan kekuatannya di kawasan Teluk dalam beberapa pekan terakhir dengan tujuan untuk melindungi jalur pelayaran kapal-kapalnya.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini