nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Satukan Barongsai & Tumpeng Jawa Jadi Potret Kerukunan di Panggung Lor

Taufik Budi, Jurnalis · Selasa 27 Agustus 2019 02:11 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 27 512 2096989 satukan-barongsai-tumpeng-jawa-jadi-potret-kerukunan-di-panggung-lor-4upmwKPUHX.jpg Barongsai di Jawa Tengah (Foto: Okezone/Taufik)

SEMARANG – Kerukunan bangsa acapkali terkoyak ketika diserang isu-isu SARA. Namun, gesekan-gesekan itu tak terjadi di sebuah kampung yang terdapat di Kota Semarang Jawa Tengah. Kampung itu bernama Panggung Lor.

Panggung Lor dikenal dengan daerah yang dihuni warga multienis. Beragam suku dan agama menjadi ciri khas kelurahan yang terdapat di Kecamatan Semarang Utara ini. Setidaknya itu terlihat saat ribuan warga bersatu untuk merayakan HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Warga mengenakan pakaian serbamerah yang menyimbolkan semangat menjaga persatuan bangsa. Mereka berjalan keliling kampung dengan diiringi pertunjukan seni barongsai. Kesenian khas Tionghoa yang kini juga banyak dimainkan oleh warga beragam etnis.

Tak hanya meriah, jalan sehat itu juga menjadi ajang untuk mempererat silaturahmi antarwarga. Meluangkan satu hari, terlepas dari rutinitas pekerjaan. Merayakan hari kemerdekaan sekaligus menunjukkan kuatnya persatuan warga.

Baca Juga: Tokoh Adat dan Ribuan Mahasiswa Serukan Perdamaian untuk Tanah Papua

Lomba

Kegembiaraan warga bertambah ketika mereka disambut dengan aneka jajanan pasar tradisional dan makanan khas soto Semarang serta nasi tumpeng. Bahkan, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi juga turut hadir dan ikut dalam barisan jalan sehat.

“Alhamdulillah hari ini kompak warga berseragam (merah) untuk memeringati HUT Kemerdekaan ke-74 RI,” kata pria yang akrab disapa Hendi itu.

“Maka harapan saya, wilayah-wilayah seperti Panggung Lor ini bisa menjadi role model, ditiru daerah lain yang masih mempersoalkan tentang etnis, suku, agama, ras, dan antargolongan. Saya rasa Indonesia sudah bersepakat 714 suku bergabung menjadi satu itulah kekuatan kita,” tegasnya.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini