nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ridwan Kamil Ingin Pindahkan Pusat Pemerintahan Jabar, Bukan Ibu Kota

CDB Yudistira, Jurnalis · Jum'at 30 Agustus 2019 18:13 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 30 525 2098710 ridwan-kamil-bukan-pindah-ibu-kota-melainkan-pusat-pemerintahan-Zulqv9THus.jpg Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (foto: Okezone)

BANDUNG - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menjelaskan soal pemindahan ibu kota yang belakangan ramai diperbincangkan publik. Menurutnya, bukan pemindahan ibu kota hanya pusat pemerintahannya saja.

"Ada rencana pengembangan baru, termasuk meminta di studi, kira-kira opsi pusat pemerintahan. Dari kemarin studi pusat pemerintahan, bukan ibu kota," ucap pria yang akrab disapa Kang Emil saat ditemui di Hotel Horison, Jalan Pelajar Pejuang, Bandung, Jawa Barat, Jumat (30/8/2019).

Baca Juga: Soal Pemindahan Ibu Kota Jabar, Bima Arya: Di Manapun Kita Siap

Gedung Sate (Foto: Instagram/@gedungsate)	 

Saat ini, Emil pun tengah mengkaji terkait pemindahan pusat pemerintah tersebut. Namun, belum dapat diputuskan apa ibu kota akan dipindahkan ke daerah lainnya di Jabar.

"Ibu Kota-nya bisa tetap di Bandung, tapi kantor dinasnya ngumpul di sebuah tempat yang memadai, supaya pelayanan publik tidak menclak menclok, tidak efektif seperti sekarang. Kan ada dinas yang di Cimahi, ada yang di pinggir kota, kan enggak efisien," kata dia.

Wacana pemindahan ini pun, kata Emil sudah lama disiapkan. Pemindahan ini pun masih perlu studi dan kajian mendalam. "Menurut saya masih lama. Pertanyaan wartawan kemarin kan tentang apa isi RTRW yang disetujui oleh dewan," kata dia.

Baca Juga: 3 Kota Ini Berpeluang Gantikan Bandung sebagai Ibu Kota Jabar

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini