nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Malaysia Siap Bantu Indonesia Atasi Kebakaran Hutan di Kalimantan dan Sumatera

Rahman Asmardika, Jurnalis · Selasa 10 September 2019 12:07 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 10 18 2102870 malaysia-siap-bantu-indonesia-atasi-kebakaran-hutan-di-kalimantan-dan-sumatra-TnfAzUxM5E.jpeg Pengendara motor di Kuching, Malaysia mengenakan masker untuk melindungi diri dari polusi asap. (Foto: The Star)

KUALA LUMPUR – Malaysia menyatakan siap untuk membantu Indonesia memadamkan kebakaran hebat yang melanda hutan di Sumatera dan Kalimantan untuk mengurangi kabut asap tebal yang menyelimuti kawasan. Hal itu disampaikan Menteri Energi, Sains, Teknologi, Lingkungan, dan Perubahan Iklim Malaysia (Mestecc), Yeo Bee Yin.

"Urgensi sekarang adalah bagi Indonesia untuk memadamkan api dan pemerintah siap untuk menawarkan segala jenis bantuan untuk membantu Indonesia di Kalimantan dan Sumatera," kata Yeo dalam posting di Facebook pada Senin, 9 September. Dia menambahkan bahwa Malaysia akan menggunakan semua saluran diplomatik untuk membuat Indonesia bertindak.

BACA JUGA: Asap Kebakaran Hutan dan Lahan di Indonesia Sudah Masuk Malaysia

"Kami akan mengirimkan nota diplomatik ke Indonesia untuk menggarisbawahi keseriusan kabut asap, serta untuk menekankan urgensi dalam memadamkan api," kata Yeo sebagaimana dilansir The Star, Selasa (10/9/2019).

Dia mengatakan Mestecc sedang bekerja dengan Kementerian Luar Negeri mengenai masalah ini setelah pertemuan yang dijadwalkan antara duta besar Malaysia dan konterpartnya kemarin.

BACA JUGA: Menteri LHK Pastikan Indonesia Tak "Ekspor Asap" ke Negara Tetangga

Direktur Jenderal badan meteorologi Malaysia (Met Malaysia), Jailan Simon mengatakan bahwa saat ini kondisi kabut asap di Sarawak, di Kalimantan, mulai membaik kecuali di daerah Kuching, Sri Aman, dan Samarahan. Dia mengatakan peningkatan di daerah Sarawak tengah dan utara adalah karena hujan di pagi hari, yang juga membantu mengurangi jumlah titik panas di Kalimantan selatan.

"Kabut di bagian barat Sarawak diperkirakan akan terus berlanjut selama kebakaran di Kalimantan sedang berlangsung," katanya.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini