nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kabut Asap di Kotawaringin Barat Kian Pekat, Dinkes Dirikan Rumah Singgah Oksigen

Sigit Dzakwan, Jurnalis · Senin 16 September 2019 16:33 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 16 340 2105498 kabut-asap-di-kotawaringin-barat-kian-pekat-dinkes-dirikan-rumah-singgah-oksigen-6Dbiwvv7fD.jpg Kabut asap selimuti Pekanbaru, tepatnya di Jalan Soekarno-Hatta dan Tuanku Tambusai. (Foto : Ilustrasi/Dok Okezone.com/Banda Haruddin Tanjung)

KOTAWARINGIN BARAT – Kabut asap di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah (Kalteng), dari hari ke hari kian pekat. Sejumlah aktivitas warga Pangkalan Bun mulai terganggu. Sekolah mulai diliburkan, pesawat gagal mendarat, hingga penjualan di pasar tradisional lesu.

Untuk mengantisipasi warga yang kekurangan oksigen saat beraktivitas di luar ruangan, Dinas Kesehatan Kobar pada Senin (16/9/2019) pagi mulai mendirikan rumah singgah oksigen.

“Ini atas instruksi pusat. Untul sementara kita buat rumah singgah di area Dinkes Kobar. Hari ini juga kita sudah menyurati seluruh puskesmas untuk mendirikan rumah singgah oksigen juga,” ujar Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular dan Tidak Menular, Dinkes Kobar, HA Sulkan saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (16/9/2019).

Rumah singgah oksigen di area kantor Dinkes Kotawaringin Barat, Kalteng. (Foto : iNews/SIgit Dzakwan)

Sulkan menjelaskan, berdasarkan data yang ia miliki, dalam dua bulan terakhir sudah ada sekitar 4.000 orang terkena ISPA. “Mayoritas berumur 1-19 tahun. Sebab anak-anak sangat rentan terkena ISPA karena kebanyakan menghirup asap,” ucapnya.


Baca Juga : Penderita ISPA di Kalimantan Barat Capai 6.025 Orang

Ia mengatakan, jika ada warga yang membutuhkan oksigen bisa langsung mendatangi kantor Dinkes di Jalan Tjilik Riwut 2, Pangkalan Bun. “Untuk sementara kita buka di jam kantor saja. Pagi sampai sore. Nanti ada petugas jaga yang akan melayani secara gratis,” katanya.


Baca Juga : Dampak Kabut Asap, 4.000 Warga Kotawaringin Barat Kalteng Terserang ISPA

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini