nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kebakaran Pesantren Liberia Disebabkan Masalah Kelistrikan

Rahman Asmardika, Jurnalis · Kamis 19 September 2019 10:42 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 19 18 2106698 kebakaran-pesantren-liberia-disebabkan-masalah-kelistrikan-3iBS94uYk6.jpg Orang-orang mendatangi lokasi sekolah yang terbakar, 18 September 2019. (Foto: Reuters)

MONROVIA – Kebakaran yang melanda sebuah madrasah di dekat Ibu Kota Liberia, Monrovia diduga terjadi karena masalah arus listrik. Musibah yang terjadi pada pagi dini hari itu menewaskan sedikitnya 27 siswa madrasah yang tengah terlelap pada Rabu pagi waktu setempat.

Pihak kepolisian mengatakan bahwa mereka masih mencari mayat-mayat korban di dalam bangunan yang terletak di dekat sebuah masjid di daerah Paynesville. Menurut keterangan pejabat terkait, seluruh korban adalah siswa berusia 10 tahun ke atas.

BACA JUGA: Pesantren Alquran Terbakar, 28 Santri & Guru Tewas Terpanggang

Juru Bicara Kepolisian, Moses Carter mengatakan kepada Reuters bahwa kebakaran tersebut disebabkan oleh masalah kelistrikan, namun polisi masih melakukan penyelidikan lebih lanjut.

Saksi mata Pastor Emmanuel Herbert mengatakan kepada BBC bahwa dia terbangun karena suara api dan segera menyalakan alarm.

"Ketika saya melihat melalui jendela, saya melihat seluruh tempat menyala dengan api," katanya. Namun, dia mengatakan bahwa dia tidak dapat masuk ke dalam bangunan itu karena hanya ada satu pintu masuk, yang diblokir.

Presiden Liberia, George Weah menyampaikan belasungkawa kepada keluarga para korban dalam kejadian itu. Dia juga mendoakan agar keluarga dan komunitas Muslim Liberia diberi ketabahan untuk menghadapi musibah yang terjadi.

BACA JUGA: Mantan Pesepakbola George Weah Terpilih Jadi Presiden Liberia

“Doa saya ditujukan kepada keluarga anak-anak yang meninggal tadi malam di Kota Paynesville; sebagai akibat dari api mematikan yang melanda gedung sekolah mereka. Ini adalah waktu yang sulit bagi keluarga para korban dan semua Liberia. Belasungkawa terdalam bagi yang berduka,” katanya melalui Twitter.

Weah telah mengunjungi lokasi kebakaran dan turut menghadiri upacara pemakaman para korban di masjid Monrovia pada sore hari. Pemakaman para korban akan dilakukan segera setelah kematian korban, sesuai dengan ajaran Islam.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini