nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menlu AS Sebut Serangan ke Fasilitas Minyak Saudi sebagai Pernyataan Perang

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Kamis 19 September 2019 18:34 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 19 18 2106896 menlu-as-sebut-serangan-ke-fasilitas-minyak-saudi-sebagai-pernyataan-perang-JCy5EETv5X.jpg Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo. (Foto/Reuters)

RIYADH - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo menyebut serangan ke fasilitas minyak Arab Saudi sebagai "pernyataan perang".

Komentar Pompeo setelah Saudi meluncurkan bukti yang menunjukkan bahwa serangan didukung oleh Iran.

"Ini adalah serangan Iran," ujar Pompeo mengutip AFP, Kamis (19/9/2019) menambahkan, [itu] "tindakan perang. Ini serangan yang belum pernah kita lihat sebelumnya."

Foto/Reuters

Saudi telah menunjukkan puing-puing drone dan rudal yang diklaim sebagai bukti bahwa Iran berada di balik serangan terhadap dua fasilitas minyak kerajaan yang terjadi pada akhir pekan lalu.

Baca juga: Sistem Pertahanan Udara Arab Saudi Tak Berdaya Hadapi Serangan Drone

Baca juga: Houthi Serang Fasilitas Minyak Saudi, Lumpuhkan Sebagian Pasokan Dunia

Ada 18 drone dan tujuh rudal jelajah yang menghantam fasilitas-fasilitas minyak tersebut dan ditembakkan dari wilayah Yaman.

Bukti-bukti itu dipresentasikan pada konferensi pers kementerian pertahanan, di mana puing-puing dari pesawat tak berawak (UAV) dan serangan rudal diletakkan.

Dalam keterangan yang dilansir BBC, Juru bicara Kementerian Pertahanan Kolonel Turki al-Malki mengatakan bukti menunjukkan serangan itu diluncurkan dari utara dan "tidak diragukan lagi disponsori oleh Iran".

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini