nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sri Mulyani Siap Nyalon Bupati Lewat PDIP

Kamis 19 September 2019 17:44 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 19 512 2106923 sri-mulyani-siap-nyalon-bupati-lewat-pdip-dLTQkA1Aml.jpg Bupati Klaten Sri Mulyani (foto: Dokumentasi Humas Setda Klaten/Ist)

KLATEN – Sri Mulyani menyatakan siap mendaftarkan diri sebagai bakal calon bupati (cabup) melalui Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dalam Pilkada Klaten 2020.

“Kalau memang masyarakat merestui, mendukung, dan menghendaki saya untuk maju lagi, bismillah insyaallah saya siap,” kata Sri Mulyani kepada wartawan seperti dikutip Solopos, di Taman Lampion, Kelurahan Bareng Lor, Kecamatan Klaten Utara, Rabu 18 September 2019.

Baca Juga: Pilkada Serang 2020, 6 Tokoh Daftar ke PDIP dari Incumbent hingga Peneliti LIPI 

Soal pandangannya terkait sosok calon wakil bupati (cawabup), Mulyani menyerahkan kepada partai politik (parpol) pengusung.

“Kalau keinginan saya cawabup tidak harus ASN, swasta, atau politisi. Yang penting sejalan dengan visi dan misi saya. Soal siapa cawabup, itu tergantung dari pusat. Ya nanti dilihat sambil jalan,” ujar istri mantan Bupati Klaten Sunarna itu.

Ilustrasi (foto: Shutterstock) 

Pada Pilkada Klaten 2015, Sri Mulyani maju sebagai cawabup bersama Sri Hartini yang menjadi cabup diusung PDIP dan Partai Nasdem. Sri Hartini-Sri Mulyani terpilih sebagai pasangan Bupati-Wakil Bupati Klaten periode 2016-2021.

Pada November 2017, Sri Mulyani diangkat menjadi bupati setelah Sri Hartini diberhentikan lantaran terjerat kasus suap jabatan. Sejak Mulyani menjadi bupati, kursi wakil bupati kosong.

Selain menjabat bupati, Mulyani kini menjabat Ketua DPC PDIP Klaten. Meski dirinya siap maju kembali menjadi bakal cabup, Mulyani menegaskan PDIP tetap membuka penjaringan untuk posisi bakal cabup dan cawabup.

Baca Juga: Pilkada 2020, 6 Parpol Berkoalisi untuk Hentikan Dominasi PKS di Depok 

Ihwal penjaringan bakal cabup dan bakal cawabup Klaten dari internal PDIP, Mulyani menuturkan dalam proses. Hanya, ia belum mengungkapkan jadwal penjaringan tersebut.

“Kami sudah memproses penjaringan kemudian nanti ada pendaftaran sampai Minggu (22 September 2019). Ya sok dibuka sok ditutup,” kata Sri Mulyani.

Soal koalisi, Sri Mulyani menuturkan dengan perolehan 19 kursi di DPRD Klaten, PDIP bisa mengusung sendiri pasangan cabup-cawabup pada Pilkada 2020. Namun PDIP tetap membuka pintu koalisi dengan parpol lain.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini