nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gempa Tuban, BMKG: Belum Ada Laporan Kerusakan dan Korban Jiwa

Avirista Midaada, Jurnalis · Kamis 19 September 2019 15:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 19 519 2106846 gempa-tuban-bmkg-belum-ada-laporan-kerusakan-dan-korban-jiwa-Ab4GK6rpUl.jpeg Ilustrasi (Foto: Ist)

TUBAN - Masyarakat Kabupaten Tuban, Jawa Timur dan sekitarnya dikejutkan dengan gempa yang dirasakan pada Kamis (19/9/2019) siang. Berdasarkan data dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kelas III Tuban gempa terjadi pukul 14.06 WIB dengan kekuatan magnitudo 5,6.

Kepala BMKG Kelas III Tuban Desindra Deddy membenarkan adanya kejadian gempa yang mengguncang wilayah Tuban dan sekitarnya. "Memang benar telah terjadi gempa di kantor BMKG juga kerasa," ujar Desindra Deddy.

Baca Juga: Tuban Dua Kali Diguncang Gempa Besar, Tidak Berpotensi Tsunami

Ia menjelaskan, gempa terjadi pada koordinat 6,40 LS dan 111,84 BT dengan kedalaman 656 KM. Meski cukup terasa di sebagian wilayah Tuban dan Rembang, gempa ini dinyatakan tak berpotensi tsunami.

"Gempa 5,6 SR yang guncang Tuban tak berpotensi tsunami. Sementara ini, juga belum ada laporan kerusakan dan korban jiwa," tuturnya.

Ilustrasi

Desindra meminta masyarakat Kabupaten Tuban dan sekitarnya untuk tetap tenang dan tak mempercayai adanya informasi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan sumbernya.

Seorang warga Tuban, Muhammad Budi menyatakan sempat merasakan guncangan gempa tersebut. Namun, ia tak menyangka bila itu merupakan gempa.

"Sempat kerasa goyang - goyang saat tengah duduk di ruangan. Saya kira tadi itu getaran, ternyata tahunya gempa," ungkapnya saat dikonfirmasi okezone.

Baca Juga: Gempa M5,6 Melanda Melonguane Sulut, Tidak Berpotensi Tsunami

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini