nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tiga Nelayan Indonesia Jadi Korban Musibah Jembatan Ambruk di Taiwan

Rahman Asmardika, Jurnalis · Selasa 01 Oktober 2019 16:11 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 01 18 2111552 tiga-nelayan-indonesia-jadi-korban-musibah-jembatan-ambruk-di-taiwan-uNhi6JTECA.jpg Foto: AFP.

TAIPEI – Tiga nelayan Indonesia dilaporkan menjadi korban dalam insiden ambruknya sebuah jembatan di Taiwan. Sejauh ini upaya penyelamatan untuk mencari enam korban yang belum ditemukan masih berlangsung.

Diberitakan sebelumnya, sebuah jembatan sepanjang 140 meter di Nanfangao, bagian timur Taiwan runtuh pada Selasa, 1 Oktober. Dalam foto dan video yang beredar, jembatan itu ambruk menimpa sebuah pelabuhan dan menghancurkan sedikitnya tiga kapal nelayan sementara sebuah truk tangki yang melintas di jembatan juga jatuh ke air.

BACA JUGA: Jembatan di Taiwan Ambruk Timpa Kapal Nelayan, Sedikitnya Sembilan Orang Terperangkap

Keterangan terbaru dari Badan Pemadam Kebakaran Nasional Taiwan yang dilansir AFP menyebutkan bahwa mereka meyakini ada enam orang belum ditemukan dan kemungkinan terperangkap dalam perahu di bawah puing jembatan yang ambruk.

"Operasi penyelamatan sedang berlangsung," kata badan itu dalam sebuah pernyataan. Ditambahkan juga bahwa sedikitnya dua belas orang terluka, termasuk enam pekerja perikanan asal Filipina dan tiga pekerja warga negara Indonesia (WNI) serta pengemudi truk tangki dari Taiwan.

Sampai berita ini diturunkan belum ada konfirmasi dari Kementerian Luar Negeri RI mengenai korban WNI dalam insiden itu.

BACA JUGA: Lima WNI Anak Buah Kapal Taiwan Dilaporkan Hilang di Laut

"Kami berharap untuk menyelamatkan semua dengan aman dalam waktu singkat untuk meminimalkan kerusakan," kata Presiden Taiwan Tsai Ing-wen kepada wartawan.

Masih belum jelas apa yang menyebabkan jembatan yang dibangun pada 1998 itu ambruk. Sebelumnya, pada Senin malam Taiwan dilanda topan yang membawa hujan lebat dan angin kencang ke beberapa bagian pantai timur, tetapi saat jembatan itu ambruk cuaca dalam keadaan cerah.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini