nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dua WNI Tewas dalam Insiden Jembatan Ambruk Taiwan

Rahman Asmardika, Jurnalis · Rabu 02 Oktober 2019 10:13 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 02 18 2111828 tujuh-wni-jadi-korban-insiden-jembatan-ambruk-taiwan-kdei-kirimkan-tim-u8tDKPI0NL.jpg Foto: AFP.

TAIPEI – Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemlu RI) mengonfirmasi adanya warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi korban dalam insiden ambruknya jembatan di Kota Nanfang’ao, Yilan, Taiwan pada Selasa.

Sebelumnya, berdasarkan keterangan dari Kamar Dagang dan Ekonomi (KDEI) Taipei, diketahui terdapat tujuh WNI yang menjadi korban dalam insiden itu. Empat WNI mengalami luka-luka sementara dua dari tiga WNI yang sebelumnya hilang telah ditemukan dalam keadaan meninggal dunia. Seorang WNI lainnya masih belum ditemukan.

BACA JUGA: Jembatan di Taiwan Ambruk Timpa Kapal Nelayan, Sedikitnya Sembilan Orang Terperangkap

“Tim pencarian otoritas Taiwan telah menemukan 2 dari 3 WNI yang hilang. Keduanya ditemukan dalam keadaan meninggal dunia.

“Kedua jenazah telah dievakuasi ke RS Veteran di Yilan. Otoritas Taiwan masih terus mencari seorang WNI yang masih hilang,” demikian keterangan dari Direktorat Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (PWNI-BHI) Kemlu RI yang diterima media, Rabu, 2 Oktober.

Semua korban, baik yang meninggal mau pun terluka adalah WNI yang bekerja sebagai anak buah kapal (ABK) di kapal ikan milik Taiwan. KDEI Taipei berkoordinasi dengan Kemlu RI akan mengurus repatriasi jenazah dan hak-hak ketenagakerjaan para korban WNI.

BACA JUGA: Tiga Nelayan Indonesia Jadi Korban Musibah Jembatan Ambruk di Taiwan

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, sebuah jembatan sepanjang 140 meter di Nanfang’ao ambruk pada Selasa, 1 Oktober sekira pukul 09.30 waktu setempat. Jembatan itu menimpa tiga kapal nelayan di bawahnya dan sebuah truk tangki yang melintas di atasnya saat insiden terjadi.

Sejauh ini upaya pencarian korban yang masih hilang terus dilakukan oleh pihak berwenang di Taiwan.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini