nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rumah Warga Purwakarta Rusak Tertimpa Batu Besar, Diduga dari Aktivitas Tambang

Rabu 09 Oktober 2019 05:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 09 525 2114555 rumah-warga-purwakarta-rusak-tertimpa-batu-besar-diduga-dari-aktivitas-tambang-pRkAHKMO6T.JPG Rumah warga Purwakarta rusak tertimpa batu besar (Foto: iNews.id/Irwan)

PURWAKARTA – Sebanyak tiga rumah warga di Kampung Cihandeuleum, Desa Sukamulya, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat (Jabar), rusak karena tertimpa sejumlah bongkahan batu besar yang jatuh dari Gunung Miun, Selasa 8 Oktober 2019. Beberapa titik jalan kampung rusak dan sejumlah pohon juga tumbang karena ikut tertimpa.

Menurut keterangan warga, batu-batu besar itu jatuh diduga akibat getaran saat peledakan batu di areal pertambangan batu di atas gunung tersebut. Meskipun tidak ada korban jiwa dalam insiden itu, kerugian warga ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Melansir dari iNews.id, dari tiga rumah warga Kampung Cihandeuleum, Desa Sukamulya, yang tertimpa sejumlah bongkahan batu besar yang jatuh dari Gunung Miun di sekitar kampung ini, dua di antaranya rusak parah. Salah satunya milik Neneng (40). Bagian depan bangunan rumah hancur, bahkan sebagian dinding temboknya rata dengan tanah.

Selain itu, perabotan rumah, barang-barang elektronik serta tempat tidur juga rusak akibat tertimpa batu besar. Untung saja saat kejadian, Neneng dan keluarga sedang di belakang rumah sehingga lolos dari maut.

“Kami lagi di belakang ngumpul. Kami kaget dan langsung teriak waktu melihat rumah sudah hancur. Saya langsung lemas, enggak bisa berbuat apa-apa,” ucap Neneng.

Rumah warga lainnya, Aceng, juga hancur akibat tertimpa bongkahan batu itu. Bagian depan rumah hancur dan dinding temboknya rata dengan tanah. Sama seperti rumah Neneng, barang-barang yang ada di dalam rumah juga hancur.

Aceng dan keluarganya selamat dalam kejadian itu. Saat batu-batu besar jatuh, istri, anak dan menantunya sedang berada di rumah, tapi mereka berhasil menyelamatkan diri dengan berlari keluar dari rumah.

“Di rumah ada tiga orang waktu batu itu menimpa rumah kami. Tapi semuanya selamat,” kata Aceng.

Kepala Desa Sukamulya Dedy Supriadi mengatakan, batu-batu besar dengan ukuran tinggi 6 meter dan lebar 5 meter itu jatuh dari Gunung Miun diduga akibat getaran saat peledakan batu di areal pertambangan batu di atas gunung. Batu-batu besar itu menggelinding dari atas gunung ke arah perkampungan dan menimpa tiga rumah warga.

“Kami sudah mencoba negosiasi ke pihak perusahaan agar bertanggung jawab atas kerusakan rumah warga,” ujar Dedy.

Selain menimpa tiga rumah warga, batu-batu besar yang jatuh dari gunung ini merusak beberapa titik jalan kampung sehingga jalan ini lumpuh tidak bisa dilintasi kendaraan roda dua milik warga. Sejumlah pohon juga tumbang akibat dihantam batu.

Hingga kini, belum ada keterangan dari pihak perusahaaan tambang batu yang diduga penyebab batu-batuan itu menimpa rumah warga. Kasus ini juga sudah ditangani Polsek Plered dan Satreskrim Polres Purwakarta. Rumah-rumah dan lokasi yang tertimpa batu dipasangi garis polisi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini