nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kelompok Bersenjata Serang Masjid di Burkina Faso, Tewaskan Sedikitnya 15 Orang

Rahman Asmardika, Jurnalis · Minggu 13 Oktober 2019 12:55 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 13 18 2116304 kelompok-bersenjata-serang-masjid-di-burkina-faso-tewaskan-sedikitnya-15-orang-4Q0BbUBWqK.jpg Ilustrasi.

OUAGADOUGOU - Sedikitnya 15 orang terbunuh dan dua orang terluka parah dalam serangan terhadap sebuah masjid di Burkina Faso utara. Orang-orang bersenjata memasuki Masjid Agung di Desa Salmossi saat para jamaah sedang menjalankan salat pada Jumat malam.

Serangan itu mendorong banyak penduduk setempat untuk melarikan diri dari desa yang dekat dengan perbatasan Mali. Ratusan orang telah terbunuh di negara itu selama beberapa tahun terakhir, sebagian besar oleh kelompok-kelompok jihadis.

Seorang warga dari kota terdekat, Gorom-Gorom mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa "Sejak pagi ini, orang-orang sudah mulai meninggalkan daerah itu."

Dia menambahkan bahwa ada "iklim panik meskipun ada bala bantuan militer" yang dikirmkan setelah serangan itu. BBC melaporkan sejauh ini tidak ada kelompok yang mengakui melakukan serangan itu.

Serangan-serangan jihadis meningkat di Burkina Faso sejak 2015, memaksa ribuan sekolah tutup.

Konflik menyebar melintasi perbatasan dari negara tetangga Mali di mana militan Islam mengambil alih bagian utara negara itu pada 2012, sebelum dipukul mundur oleh pasukan Prancis. Badan Pengungsi PBB mengatakan lebih dari seperempat juta orang di Burkina Faso terpaksa mengungsi dari rumah mereka selama tiga bulan terakhir.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini