nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pasukan Bangladesh Tembak Mati Tentara India dalam Perselisihan di Perbatasan

Rahman Asmardika, Jurnalis · Jum'at 18 Oktober 2019 16:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 18 18 2118678 pasukan-bangladesh-tembak-mati-tentara-india-dalam-perselisihan-di-perbatasan-sDbBZlg4vO.jpg Foto: Reuters.

DHAKA – Pasukan penjaga perbatasan Bangladesh menembak dan menewaskan seorang tentara perbatasan India pada Kamis, setelah sebuah pertengkaran terkait seorang nelayan India yang ditahan di Bangladesh. Insiden ini merupakan sebuah konflik yang sangat jarang terjadi antara kedua negara bertetangga itu.

Penjaga Perbatasan Bangladesh (BGB) mengatakan mereka menembak untuk membela diri setelah penjaga perbatasan India menerobos masuk ke wilayah Bangladesh untuk mencoba mengambil nelayan India yang ditahan itu. Pejabat India mengatakan bahwa seorang penjaga perbatasan lain juga terluka dalam insiden tersebut.

BACA JUGA: India & Bangladesh Akhiri Sengketa Wilayah Teraneh di Dunia

Pejabat itu mengatakan bahwa nelayan tersebut ditahan karena memancing di Sungai Padma di perbatasan, tempat Bangladesh melarang penangkapan ikan.

Juru Bicara Pasukan Bangladesh, Islam Shariful mengatakan bahwa pada Jumat, situasi di perbatasan telah kembali ‘normal’.

"Pasukan kami telah disiagakan tinggi untuk menghindari insiden yang tidak diinginkan," katanya sebagaimana dilansir Reuters, Jumat (18/10/2019).

BACA JUGA: Sungai-Sungai di Bangladesh Dapat Hak Hukum Setara Manusia

Para pejabat Bangladesh mengatakan mereka akan menyerahkan nelayan itu dalam sebuah pertemuan. Kedua belah pihak telah sepakat untuk menyelidiki masalah ini.

India dan Bangladesh memiliki hubungan dekat dan mencapai serangkaian kesepakatan bulan ini ketika Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina mengunjungi New Delhi. Kedua negara berbagi perbatasan yang membentang lebih dari 4.000 km, tempat bentrokan sesekali meletus tentang apa yang disebut India sebagai imigran ilegal dari Bangladesh.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini