nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Asrama Mahasiswa di Tomohon Terbakar, Polisi: Akibat Kecerobohan Penghuni

Subhan Sabu, Jurnalis · Senin 21 Oktober 2019 02:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 21 340 2119483 asrama-mahasiswa-di-tomohon-terbakar-polisi-akibat-kecerobohan-penghuni-fImomuOrjV.jpg Kebakaran asrama mahasiswa di Tomohon. (Foto: Subhan Sabu/Okezone)

MANADO – Sebuah bangunan asrama mahasiswa asal Papua yang terletak di Kelurahan Talete Dua, Kecamatan Tomohon Tengah, Kota Tomohon, Sulawesi Utara, hangus terbakar pada minggu 20 Oktober 2019 sore.

Api berasal dari salah satu kamar mahasiswa bernama Novel Ram Man Dibodibo (21) asal Biak yang saat itu berada di dalam kamarnya. Saat kejadian hanya ada 6 dari 15 orang penghuni asrama tersebut, yang lainnya sementara ibadah di gereja.

Baca juga: Toko Percetakan di Jakarta Utara Terbakar 

Kabid Humas Polda Sulut Kombes Ibrahim Tompo saat dikonfirmasi membenarkan peristiwa kebakaran tersebut. "Memang betul ada kebakaran asrama Papua. Saat ini Polisi sudah turun ke TKP dan melakukan investigasi penyebab kebakaran," ujarnya.

Kebakaran asrama mahasiswa Papua di Tomohon. (Foto: Subhan Sabu/Okezone)

Sebanyak tujuh unit mobil pemadam kebakaran berada di lokasi kebakaran, dan api sudah berhasil dijinakkan.

Baca juga: SPBU di Agam Sumbar Terbakar, Api Diduga dari Minibus dengan Tangki Modifikasi 

Sempat menimbulkan informasi simpang siur terkait penyebab kebakaran. Hal itu membuat Kapolda Sulut Irjen Sigid Tri Hardjanto turun langsung mencari informasi yang pasti.

Didampingi para pejabat utama, Kapolda langsung menyambangi Mapolres Tomohon untuk memperoleh informasi pasti penyebab kebakaran ini.

Bersama Kapolres Tomohon AKBP Raswin Sirait dan Wali Kota Tomohon Jimmy Eman, Kapolda bertemu Novel si terduga pembakaran asrama.

Di hadapan Kapolda dan Wali Kota, Novel mengaku kaget bisa terjadi kebakaran di asrama yang dihuninya. Ia pun bercerita, saat di kamar sendirian, dirinya sengaja bermain api.

Baca juga: Wisma Indonesia di KBRI Bangkok Kebakaran, DPR Minta Kemlu Investigasi 

"Pas cuma main-main, pas bakar kertas biasa, pas mau kontak macis, langsung terbakar. Pas mau buang langsung kena busa. Busa langsung terbakar. Tiba-tiba tidak mau padam, takut, jadi langsung keluar. Dengar kebakaran, samua langsung lari keluar," ujar Novel.

Mahasiswa Universitas Kristen Indonesia Tomohon (UKIT) jurusan arsitek yang masuk tahun 2018 mengaku ada yang mau coba padamkan api, namun karena telanjur besar, akhirnya semua lari keluar bangunan.

Baca juga: Kebakaran di Gedung Pelni Diduga Kuat Akibat Korsleting Listrik 

Saat ditanya bagaimana suasana kampus dan Kota Tomohon, pria asal Biak Papua ini menjawab bahwa di kampus ia tidak aktif belajar dan sering pulang ke asrama. Ia pun mengakui jika hidup di Kota Bunga Tomohon itu enak.

"Enak hidup di Sulawesi Utara, Tomohon, Minahasa, orangnya baik-baik, ramah-ramah," ucapnya.

Atas kejadian tersebut, Kapolda Sulut mengaku prihatin dan berharap agar peristiwa itu menjadi pembelajaran bagaimana cara mengelola keamanan dan jangan sampai terulang lagi.

"Saya lebih memprioritaskan tadi dengan Wali Kota Bagaimana membantu mahasiswa, adik-adik kita ini, untuk mendapatkan penampungan sementara, mengingat mereka harus melanjutkan kuliah atau belajarnya," jelas Kapolda Sulut.

Baca juga: Kebakaran di Basement Gedung Pelni, 14 Mobil Damkar Dikerahkan 

Selain itu juga, Kapolda meminta kepada pemda agar berkoordinsi dengan Pemda Papua untuk merenovasi atau merehabilitasi Asrama Papua yang terbakar supaya cepat digunakan lagi.

Guna menampung para penghuni asrama, pihak Polres dan Wali Kota Tomohon sudah berkoordinasi untuk menyiapkan tempat sementara.

Baca juga: Pom Bensin Setu Cipayung Terbakar, 11 Mobil Damkar Dikerahkan 

Kabid Humas Polda Sulut Kombes Ibrahim Tompo menegaskan bahwa kejadian ini murni kecerobohan dari salah satu mahasiswa penghuni asrama Papua.

"Kita berharap adik-adik mahasiswa ini secepatnya bisa kembali berkonsentrasi dalam belajar," pungkasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini