nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kebakaran Lahan Gunung Ranti, Akses ke Kawah Ijen Banyuwangi Ditutup Total

Avirista Midaada, Jurnalis · Senin 21 Oktober 2019 07:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 21 519 2119519 kebakaran-lahan-gunung-ranti-akses-ke-kawah-ijen-banyuwangi-ditutup-total-CMQX7dyAC8.jpg Kebakaran lahan di Gunung Ranti (Foto : BPBD Banyuwangi)

BANYUWANGI - Wisata Alam Kawah Ijen yang berada di Banyuwangi ditutup sementara waktu Imbas terjadi kebakaran lahan di Gunung Ranti. Penutupan dilakukan sejak Minggu kemarin hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik BPBD BPBD Kabupaten Banyuwangi Eka Muharram mengatakan penutupan Kawah Ijen dilakukan imbas kebakaran di sejumlah titik mulai Gunung Ranti hingga hutan Merapi Ungup - Ungup.

"Api terus meluas karena angin bertiup kencang. Api sudah menyebar hingga hutan Merapi Ungup-Ungup, apinya juga terlihat jelas dari jalur pendakian Gunung Ranti sebelah barat," ungkap Eka Muharram saat dikonfirmasi, Senin (21/10/2019) pagi.

Kebakaran Lahan di Gunung Ranti (Foto : BPBD Banyuwangi)

Penutupan pendakian ke Kawah Ijen, kata Eka, telah melalui kordinasi sejumlah instansi mulai BKSDA, pimpinan Kecamatan Licin, Forkopimda, dan BPBD.

"Sudah kita kordinasikan dengan sejumlah instansi, hasilnya kita putuskan tutup sementara. Khawatir terjadi membahayakan pengunjung," tuturnya.

Eka menambahkan saat ini pihak BPBD bersama Pemkab Banyuwangi tengah berupaya menjangkau sejumlah titik api di lokasi dengan mengerahkan mobil pemadam kebakaran.

"Kami siram sejumlah jalur supaya api tidak merambat dan semakin meluas. Dengan dibasahi ini semoga kebakaran tidak meluas," ungkapnya.

Baca Juga : BMKG Prediksi Seluruh Wilayah Jakarta Cerah Sepanjang Hari Ini

Baca Juga : Fakta-Fakta Kecelakaan Maut di Tol Lampung yang Tewaskan 4 Orang

Pihaknya juga telah mengevakuasi sejumlah pedagang dan pendaki yang akan naik ke Gunung Ranti. Tercatat empat pendaki dievakuasi dari Gunung Ranti pada Minggu petang.

"Pedagang yang berada di area Gunung Ranti dan Paltuding sudah kami minta meninggalkan lokasi. Minggu petang kemarin juga kamu evakuasi empat pendaki dari Gunung Ranti," tukasnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini