nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penyelundupan 79 Kg Sabu dari Malaysia Digagalkan

Melly Puspita, Jurnalis · Selasa 29 Oktober 2019 22:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 29 610 2123345 penyelundupan-79-kg-sabu-dari-malaysia-digagalkan-B7WRDbjFR8.jpg TNI AL gagalkan penyelundupan sabu dari Malaysia (Foto: Okezone/Melly Puspita)

PALEMBANG - Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL) melalui Tim Fleet One Quick Response (F1QR) berhasil menggagalkan penyelundupan sabu-sabu dari Malaysia di Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan sebanyak 79 Kilogram (Kg). 

Sabu-sabu tersebut dibawa Herman (59) dan Deni (47) warga Kecamatan Kalidoni, Palembang pada Senin 28 Oktober 2019 dini hari dengan upah Rp15 juta per orang.

Baca Juga: Bareskrim Tangkap Sindikat Narkotika Jaringan Malaysia-Indonesia

Dari informasi yang dihimpun Okezone, penyergapan terhadap pelaku membawa sabu-sabu tersebut dilakukan di wilayah perairan Sungai Sungsang, Kabupaten Banyuasin. F1QR sendiri mendapat informasi penyelundupan tersebut dari Pangkalan TNI AL (LANAL) Batam.

Ilustrasi sabu

Dari informasi itu F1QR kemudian melakukan penyelidikan, dari ciri-ciri yang didapat tim kemudian mengejar sebuah Speedboat 40 PK yang saat itu melaju dengan kencang.

Sempat terjadi kejar-kejaran, setelah diberikan tembakan peringatan, speedboat yang membawa puluhan kilogram sabu-sabu itu kemudian berhenti.

Dari hasil penggeledahan petugas menemukan empat buah koper ditutupi karung goni. Saat dibuka isi koper tersebut berupa sabu-sabu yang dibungkus dengan bungkus teh China.

"Narkoba itu diduga berasal dari Malaysia, masuk melalui perairan. Untuk itu, saat ini kita bersama Polda Sumsel dan BNNP Sumsel melakukan penyelidikan untuk pengejar pemasok narkoba ini," ucap Brigjen TNI (Mar) Hermanto, Komandan Lantamal III Jakarta didampingi Komandan Pangkalan TNI AL Palembang, Letkol Laut (P) Saryanto.

Baca Juga: Kejahatan Narkoba di Depok Sudah Sistemik

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini