nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terbakar, Kastil Shuri, Situs Warisan Dunia Jepang Habis Dilalap Api

Rahman Asmardika, Jurnalis · Kamis 31 Oktober 2019 09:21 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 31 18 2123947 terbakar-kastil-shuri-situs-warisan-dunia-jepang-habis-dilalap-api-NTcVInp8xg.jpg Kastil Shuri sebelumnya pernah hancur dalam Perang Dunia II. (Foto: EPA)

NAHA - Kebakaran telah melalap Kastil Shuri, situs Warisan Dunia di Okinawa yang dianggap sebagai harta nasional Jepang, dan menghancurkan bangunan utamanya. Petugas pemadam kebakaran telah berusaha memadamkan api sejak Kamis dini hari, namun masih belum berhasil. Sejauh ini tidak ada korban yang dilaporkan.

Kastil, yang dibangun sekitar 500 tahun yang lalu pada masa Dinasti Ryukyu, ditetapkan sebagai harta nasional Jepang pada 1933. Bangunan itu sebelumnya dihancurkan dalam pertempuran selama Perang Dunia II, dan yang saat ini berdiri adalah hasil rekonstruksi.

Kastil Shuri ditetapkan sebagai harta nasional pada 1933. (AFP)

Media setempat melaporkan bahwa petugas pemadam kebakaran masih berjuang memadamkan api pada Kamis, pukul 09:00 waktu setempat. Laporan Japan Times yang dilansir BBC, Kamis (31/10/2019) menyebutkan bahwa bangunan utara dan selatan kastil, yang semuanya merupakan struktur kayu, juga terbakar habis.

"Penyebab kebakaran belum ditentukan tetapi alarm perusahaan keamanan berbunyi sekira pukul 02:30 pagi," kata Juru Bicara Kepolisian Prefektur Okinawa Ryo Kochi, kepada kantor berita AFP.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini