nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lantik Ribuan Praja IPDN, Mendagri Ingatkan Jangan Ada Lagi Kekerasan

CDB Yudistira, Jurnalis · Kamis 31 Oktober 2019 11:57 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 31 525 2124016 lantik-ribuan-praja-ipdn-mendagri-ingatkan-jangan-ada-lagi-kekerasan-Fpqx7VDF4n.jpg Mendagri Tito Karnavian (Foto: Okezone.com)

BANDUNG - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian melantik 1.608 Praja Muda Insititut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN). Pelantikan digelar di kampus IPDN di Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Kamis (31/10/2019).

Tito bertindak sebagai inspektur upacara dalam kegiatan tersebut. Dalam pelantikan tersebut, mantan Kapolri itu mengatakan IPDN sebagai kampus penggerak revolusi mental. Untuk itu, ia mengingatkan tidak ada lagi kekerasan dari senior kepada junior di kampus IPDN.

"Kalau ada kurikulum dalam pelatihan dan pendidikan ini yang berwarna militer tidak berarti diarahkan ke budaya militerisme. Tapi jangan kemudian over menjadi seperti betul-betul militer. Seperti contohnya kekerasan," ucap Tito.

Baca Juga: KPK Periksa Anak Buah Kemendagri soal Dugaan Korupsi Kampus IPDN Gowa 

Dirinya sedikit menyinggung soal pengalamannya bersekolah di beberapa pendidikan baik di Indonesia atau di luar negeri. Menurut Tito, tidak ada budaya kekerasan di luar negeri.

 IPDN Foto: Istimewa

Dirinya pun tidak akan tinggal diam, jika kembali menemukan tindak kekerasan di lingkungan Kampus IPDN. Secara tegas, ia menyampaikan akan memproses secara pidana.

"Saya akan ambil tindakan tegas dan keras kalau terjadi kekerasan, pasti kita akan pidanakan," tuturnya.

Dia berharap IPDN mampu menghasilkan lulusan-lulusan yang berdiri di garda terdepan untuk mengabdi dan melayani masyarakat.

Baca Juga: Lima Kasus Kematian Praja IPDN yang Sempat Heboh

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini