nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polisi Tangkap Pelaku Pembalakan Liar di Hutan Lindung Malang

Avirista Midaada, Jurnalis · Minggu 03 November 2019 23:34 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 03 519 2125293 polisi-tangkap-pelaku-pembalakan-liar-di-hutan-lindung-malang-pU1KdeR8c4.jpg Pembalakan liar di kawasan hutan lindung Desa Wonoagung, Tirtoyudo, Malang. (Foto : Ist)

MALANG – Polisi mengamankan pelaku illegal logging atau pembalakan liar di kawasan Desa Wonoagung, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang.

Kassubag Humas Polres Malang, AKP Ainun Djariyah mengatakan, pelaku yang diketahui bernama Sumarji (42) warga Dusun Ngelak, Desa Dampit, Kabupaten Malang diamankan di kediamannya pada Sabtu, 2 November 2019, sekira pukul 23.00 WIB.

"Kita amankan pelaku ini di rumahnya. Sebelumnya pelaku sudah beberapa kali menebang kayu hutan jenis Pinus di petak 91 M Desa Wonoagung, Kecamatan Tirtoyudo," ucapnya.

Ia menambahkan, pelaku menggunakan gergaji untuk memotong pohon yang diincarnya. Dalam aksinya, pelaku menebang 5 pohon dengan cara menyeleksi sendirian.

Pembalakan liar. (Ist)

Aksi pelaku diketahui petugas Perhutani setelah melihat kayu jenis pinus yang serupa dijumpai di hutan lindung Desa Wonoagung, Kecamatan Tirtoyudo, berada di belakang rumah Sumaji.

"Oleh saksi petugas Perhutani ini kemudian dilaporkan ke anggota Reskrim Polsek Tirtoyudo karena merasa curiga temuan kayu yang dilihatnya," tutur Ainun.

Benar saja, saat anggota Reskrim Polsek Tirtoyudo menggeledah belakang rumahnya menemukan 35 gelondongan kayu pinus tanpa dokumen resmi. Setelah dilakukan interogasi, pelaku akhirnya mengakui perbuatannya.


Baca Juga : Polisi Ciduk 5 Pembalak Liar di Hutan Konservasi Aceh

"Yang bersangkutan sudah seminggu ini menebangi pohon pinus di sana. Kita amankan 35 gelondong kayu hasil curian, satu gergaji yang digunakan memotong dan satu sepeda motor yang digunakan mengangkut kayu dari hutan ke rumahnya," ujarnya.

Akibat perbuatannya pelaku dijerat dengan Pasal 83 ayat 1 Undang - Undang Nomor 18 tahun 2013 mengenai Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan dengan hukuman penjara maksimal 3 tahun.


Baca Juga : Sopir Truk Pembawa Kayu Selundupan dari Hutan Riau Ditangkap

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini