nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kelompok Bersenjata Sergap Konvoi Perusahaan Tambang di Burkina Faso, Tewaskan 37 Orang

Rahman Asmardika, Jurnalis · Kamis 07 November 2019 14:55 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 07 18 2126926 kelompok-bersenjata-sergap-konvoi-perusahaan-tambang-di-burkina-faso-tewaskan-37-orang-MMYomPWmhC.jpg Ilustrasi. (Foto: Reuters)

OUAGADOUGOU - Sedikitnya 37 tewas terbunuh dan 60 lainnya mengalami luka-luka dalam sebuah serangan terhadap konvoi perusahaan pertambangan emas di Burkina Faso.

Laporan yang dilansir BBC menyebutkan bahwa lima bus yang membawa staf perusahaan Kanada, Semafo disergap pada Rabu sekira 40 kilometer di Kota Boungou, timur Burkina Faso. Sebuah kendaraan pengawal militer dilaporkan dihantam peledak sebelum orang-orang bersenjata melepaskan tembakan.

Ini dikatakan sebagai serangan paling mematikan ketiga terhadap staf Semafo dalam 15 bulan terakhir.

Burkina Faso telah dihantam oleh pemberontakan Islamis yang telah menewaskan ratusan orang dalam beberapa tahun terakhir. Militer negara Afrika Barat itu juga telah berjuang untuk membendung kekerasan yang meluas melewati perbatasan dari negara tetangga Mali.

Semafo meningkatkan keamanannya tahun lalu setelah serangan di dekat dua tambangnya di negara itu. Perusahaan pertambangan itu mengatakan bahwa serangan terbaru terjadi di jalan antara Fada dan tambangnya di Boungou.

Semafo mengatakan operasinya tidak terpengaruh dan memberikan belasungkawa kepada keluarga para korban. Tidak ada korban serangan yang disebutkan namanya.

"Kami secara aktif bekerja dengan semua tingkat otoritas untuk memastikan keselamatan dan keamanan yang berkelanjutan dari karyawan, kontraktor, dan pemasok kami," kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini