nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kapal Selam AS Ditemukan Setelah Hilang 75 Tahun

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Selasa 12 November 2019 10:46 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 12 18 2128702 kapal-selam-as-ditemukan-setelah-hilang-75-tahun-10kLbdiYtP.jpg bangkai kapal selam USS Grayback. (Foto: Tim Tayloy Lost 52 Project/BBC)

OKINAWA - Sebuah kapal selam Amerika yang hilang dalam Perang Dunia Kedua telah ditemukan kembali di dasar laut China Timur.

Kapal USS Grayback dan 80 awaknya menghilang pada tahun 1944 ketika diserang oleh pesawat Jepang.

Baca juga: Hilang 76 Tahun, Bangkai Kapal Induk AS Berhasil Ditemukan

Baca juga: Hampir 80 Tahun Hilang, Kapal Selam Inggris Ditemukan di Lepas Pantai Malta

Sebuah proyek eksplorasi bawah laut menemukan kapal selam di lepas pantai Okinawa, Jepang, setelah menemukan dokumen militer dengan koordinat yang tepat untuk menemukannya.

Koordinat asli telah salah diterjemahkan dan kehilangan satu digit.

Foto/BBC

Keluarga dari 80 anggota awak yang berada di atas kapal selam telah diberitahu tentang penemuannya.

Kathy Taylor, keponakan John Patrick King yang saat itu berada di kapal, mengatakan bahwa penemuan mengakhiri pencariannya.

"Saya berkomitmen sejak awal, ketika saya masih kecil, bahwa saya akan menemukannya atau mengikutinya atau menjaga ingatannya tetap hidup," katanya kepada ABC News via BBC, Selasa (12/11/2019).

Bagaimana kapal selam itu pulih?

Proyek Lost 52 bertujuan untuk menemukan kapal selam AS yang hilang dari Perang Dunia Kedua. Kapal berlayar untuk menemukan USS Grayback di lepas pantai Okinawa.

Tim operasi menyadari bahwa log misi asli Jepang di mana USS Grayback telah tenggelam telah diterjemahkan secara salah, meninggalkan angka, dan salah dengan setidaknya 160km.

Seiring dengan penggunaan teknologi pesawat tak berawak baru, dokumen militer yang pulih berarti tim dapat menemukan lokasi kapal selam dengan benar, dengan ketinggian 430 m.

"Konfirmasi situs tersebut sebagai pesawat militer Angkatan Laut AS yang tenggelam memastikan bahwa tempat itu terlindung dari gangguan, menjaga tempat peristirahatan terakhir para pelaut kita," kata Tim Taylor, yang mendirikan proyek tersebut.

USS Grayback adalah salah satu dari 52 kapal selam yang hilang dalam aksi dan telah menenggelamkan setidaknya 14 kapal selama perang. Kapal itu juga menerima dua Penghargaan Satuan Angkatan Laut dan delapan bintang pertempuran.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini