nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bangkai Kapal Misterius Berusia Lebih dari Seabad Ditemukan di Danau Michigan

Rahman Asmardika, Jurnalis · Jum'at 15 November 2019 13:33 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 15 18 2130239 bangkai-kapal-misterius-berusia-lebih-dari-seabad-ditemukan-di-danau-michigan-xFP10HUZ75.jpg Foto: Steve Wimer.

SEBUAH bangkai kapal sekunar (schooner) yang tenggelam di Danau Michigan pada 1891 ditemukan dalam keadaan utuh. Bangkai kapal tersebut ditemukan oleh pemburu bangkai kapal Amerika Serikat (AS), Ross Richardson.

Richardson sedang bepergian ke Pulau Manitou Selatan di utara Danau Michigan ketika alat sonarnya mendeteksi "sesuatu yang menarik" di dalam danau. Dia membuat catatan koordinat GPS dan kembali sekitar sepekan kemudian untuk melakukan pemeriksaan lebih dekat.

"Sonar menunjukkan sesuatu yang naik 90 kaki dari bawah, yang sangat tidak biasa", katanya di situs webnya sebagaimana dilansir Sputnik, Jumat (15/11/2019).

Objek misterius itu berada di luar jangkauan penyelaman Richardson sehingga ia memanggil temannya Steve Wimer, seorang penyelam dan fotografer bawah laut, untuk memeriksa situs bangkai kapal tersebut. Bersama teman mereka, Brent Tompkins, mereka kembali ke situs dan Wimer berenang untuk memotret apa yang digambarkan sebagai "kapal hantu misterius" oleh situs web Richardson.

Dalam videonya, Wimer menggambarkan apa yang dia temukan di danau itu sebagai "kapal karam paling utuh yang pernah saya temui".

Video: YouTube/nmiwrecks

Rekaman bangkai kapal yang di-posting di YouTube menunjukkan kapal itu berada di tempat peristirahatan terakhirnya, dengan tiang-tiangnya masih utuh. Dek, lambung kapal dan kabin buritan juga dapat dilihat, serta sekoci-nya.

Tali besi yang utuh adalah petunjuk penting untuk mengidentifikasi kapal, seperti "busur clipper" kapal sekunar. Menurut situs web Richardson, tali besi tidak banyak digunakan sampai 1870-an dan busur itu khas sekunar yang dibuat di Manitowoc dan , kemudian di Milwaukee.

Peneliti itu mengatakan dia telah mencari sekira 6.000 catatan sekunar di Patrick Labadie Great Lakes Maritime Collection, dan setelah melakukan referensi silang dengan database Great Lakes dan arsip surat kabar, dia menyimpulkan bahwa kapal itu kemungkinan adalah W.C. Kimball. Sekunar itu membawa muatan garam dan sirap kayu ketika menghilang pada Mei 1891.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini