nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kamboja Akan Larang Atraksi Tunggang Gajah di Angkor Wat Mulai 2020

Rahman Asmardika, Jurnalis · Sabtu 16 November 2019 16:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 16 18 2130716 kamboja-akan-larang-atraksi-tunggang-gajah-di-angkor-wat-mulai-2020-tfSIRcH8nn.jpg Foto: AFP.

KRONG SIAM REAP - Kamboja akan melarang semua atraksi menunggang gajah di taman kuil Angkor Wat yang terkenal di negara itu mulai awal tahun depan. Keputusan yang merupakan langka bagi aktivis dan pecinta lingkungan itu diungkapkan seorang pejabat terkait.

Kompleks arkeologi Angkor di utara Siem Reap menarik sebagian besar turis asing, yang jumlah mencapai enam juta pada tahun 2018, ke Kamboja. Banyak di antara mereka yang memilih untuk menunggang gajah di sekitar kuil kuno, meski atraksi itu dianggap kejam oleh kelompok pecinta hewan.

Tetapi, Long Kosal, juru bicara Otoritas Apsara yang mengelola taman itu, mengatakan bahwa wahana ini "akan berakhir pada awal 2020".

"Menggunakan gajah untuk bisnis sudah tidak layak lagi," katanya sebagaimana dilansir AFP. Dia juga menambahkan bahwa beberapa dari gajah-gajah itu "sudah tua".

Sejauh ini, lima dari 14 gajah yang bekerja di taman itu telah dipindahkan ke hutan komunitas sekira 40 km dari kuil.

"Mereka akan menjalani kehidupan alami mereka di sana," kata Kosal.Dia menambahkan bahwa perusahaan yang memiliki gajah-gajah itu akan terus merawat mereka.

Kamboja telah lama mendapat kecaman dari kelompok-kelompok hak-hak binatang karena atraksi naik gajah yang ditawarkan dimana-mana bagi para wisatawan.Hal serupa juga terlihat di negara tetangga Thailand, Vietnam dan Laos.

Kelompok hak-hak hewan menuduh para pelatih gajah telah membuat hewan-hewan itu bekerja terlalu keras. Pada 2016, seekor gajah betina mati di pinggir jalan setelah membawa wisatawan di sekitar kompleks kuil Angkor Wat dalam cuaca yang sangat panas.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini