nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Prajurit TNI Sita Puluhan Amunisi, Mortir dan Roket dari Kebun Warga

Fadel Prayoga, Jurnalis · Sabtu 16 November 2019 15:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 16 340 2130664 prajurit-tni-sita-puluhan-amunisi-mortir-dan-roket-dari-kebun-warga-kTaPJjy3Us.jpg foto: istimewa

MALUKU - Anggota Batalyon Infanteri (Yonif) Raider Khusus 136/Tuah Sakti yang tergabung dalam Satgas Operasi Pengamanan Daerah Rawan Maluku, di bawah pimpinan Letkol Inf Hasbul Hasyiek Lubis sebagai Dansatgas, berhasil menyita 36 butir Munisi, Mortir dan Roket di Negeri Kaitetu, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah.

Penemuan 36 butir Munisi, Mortir dan Roket di kebun milik warga Negeri Kaitetu diperoleh berdasarkan informasi dari warga setempat yang diterima oleh Kopda Sofian anggota Pos Waitomu Satgas Yonif Raider Khusus 136/Tuah Sakti sekitar pukul 14.30 WIT.

"Kopda Sofian menerima telepon dari salah satu warga Keitetu yang mengatakan menemukan benda mencurigakan seperti peluru besar, yang ada di kebun salah seorang warga pada saat sedang membersihkan kebun Pala miliknya di hutan ujung Negeri Kaitetu berjarak lebih kurang 2 km dari ujung kampung Negeri Kaitetu," kata Hasbul, Sabtu (16/11/2019).

 TNI

Setelah menerima informasi tersebut, petugas melaporkan kepada Komandan Pos (Danpos) Waitomu Letda Inf Sahrudi. Selanjutnya Letda Inf Sahrudi menghubungi Babinsa Mamua a.n. Koptu Manulaw yang rumahnya berada di Negeri Kaitetu.

Lalu pada pukul 13.30 WIT, Danpos dan Babinsa Mamua beserta empat anggota pos, berangkat menuju lokasi penemuan benda yang ditemukan warga. Jarak dari pos sekitar 5 km menuju ujung kampung Negeri Kaitetu dan 2 km dari ujung kampung menuju kebun Pala.

Setelah sampai di kebun Pala sekitar pukul 14.30 WIT, di lokasi pertama kebun Pala ditemukan 13 butir Munisi Mortir. Kemudian dilanjutkan pencarian kembali di sekitar kebun lebih kurang 5 meter dari tempat pertama di pinggir tebing ditemukan lagi 23 butir peluru, terdiri dari 15 peluru Roket dan 8 butir peluru Mortir yang ditutupi oleh semak belukar. Kemudian Danpos beserta anggota melakukan evakuasi terhadap Munisi, Mortir dan Roket tersebut dengan menggunakan pakaian yang digunakan ke tempat yang aman.

"Seluruh benda tersebut di bawa ke Pos Woitomu dengan menggunakan kendaraan roda dua, seluruh peluru Mortir dan Roket telah sampai di Pos Woitomu dalam keadan aman. Selanjutnya, Danpos melaksanakan kordinasi dengan Danki untuk pelaksanaaan pengamanan peluru Mortir tersebut," pungkasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini