nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kebakaran di Gunung Lawu, Ribuan Orang Dilibatkan untuk Padamkan Api

Avirista Midaada, Jurnalis · Sabtu 16 November 2019 16:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 16 512 2130693 kebakaran-di-gunung-lawu-ribuan-orang-dilibatkan-untuk-padamkan-api-H83cNHxoyJ.jpg foto: istimewa

MAGETAN - Hutan pinus di lereng Gunung Lawu masih terus terbakar dan belum dapat dipadamkan, hingga Sabtu ini. Bahkan ribuan orang dari petugas gabungan, relawan, dan warga sekitar turut berpartisipasi melakukan pemadaman.

Kasie Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Magetan, Ferry Yoga Syahputra mengatakan telah mengerahkan sejumlah petugas gabungan, tak hanya itu ratusan relawan dan warga desa di dua desa di Kecamatan Panekan pun dikerahkan.

"Hari ini mengerahkan banyak orang. Insya Allah sekitar lebih dari 2 ribu orang untuk proses pemadaman hutan Gunung Lawu yang terbakar," ungkap Ferry kepada Okezone, Sabtu (16/11/2019).

Baca juga: Total 30 Hektare Hutan Gunung Lawu Terbakar

Ia menambahkan, pemadaman dilakukan dengan cara manual yakni dengan memukul - mukul sumber titik api dengan ranting dan daun basah.

"Pemadaman dengan cara manual dengan gebyok ranting dan daun basah untuk membasahi ilalang yang terbakar," imbuhnya.

kebakaran

Pihaknya melanjutkan pemadaman dimulai dari titik di Desa Bedagung dan Desa Sukowidi, Kecamatan Panekan, yang menjadi area terdekat menjangkau titik api. Kebakaran di lereng Gunung Lawu terjadi sejak Jumat kemarin.

Baca juga: Jalur Pendakian Gunung Lawu Ditutup Dampak Kebakaran Hutan Meluas

Api bahkan tampak jelas dilihat dari Madiun dan sejumlah kabupaten di sekitarnya. Api membakar kawasan hutan pinus yang jaraknya sekitar 3 km dari pemukiman warga di Desa Bedagung dan Sukowidi yang berada di Gunung Lawu sisi Magetan di wilayah RPH Bedagung.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini