nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Angin Kencang Melanda Kota Batu, Petugas Data Rumah dan Bangunan Rusak

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Minggu 17 November 2019 18:04 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 17 519 2130998 angin-kencang-melanda-kota-batu-petugas-data-rumah-dan-bangunan-rusak-fJBBZpA7QZ.jpg Angin kencang melanda Kota Batu, Jawa Timur (Foto: BNPB)

JAKARTA - Angin kencang melanda wilayah Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur, Minggu (17/11/2019). Kejadian tersebut berlangsung pada pukul 13.30 WIB, dan saat ini sudah mulai reda.

"Update BPBD Kota Batu pukul 13.30 WIB, saat ini sudah mulai reda, hanya sesekali terpantau tiupan angin agak kencang. Sedangkan Untuk wilayah Desa Sumberbrantas kondisi udara sudah bersih dari debu," ujar Agus Wibowo Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Baca Juga: BMKG Minta Warga Cilacap dan Banyumas Waspadai Cuaca Ekstrem

Agus mengatakan, angin kencang tepatnya melanda Desa Sumberbrantas, Desa Tulungrejo, dan Desa Sumbergondo. Tim Gabungan dari Pemerintah Kota Batu, BPBD, TNI, Polri, Relawan masih terus melaksanakan pemantauan situasi dan kondisi di lapangan.

"Dengan memperhatikan situasi terkini, sampai dengan pukul 13.00 WIB tidak ada rekomendasi untuk evakuasi masyarakat," tuturnya.

BPBD Kota Batu data bangunan dan rumah rusak

Tim Gabungan sudah mempersiapkan tempat pengungsian di Balai Desa Tulungrejo, Punten, Sidomulyo, dan Sumbergondo. Namun, beberapa warga ada yang melakukan evakuasi mandiri di Balai Desa Tulungrejo, terdata sebanyak 229 jiwa.

Agus menambahkan, sebelumnya, terjadi pemadaman listrik, dan saat ini listrik sudah menyala kembali. Terpantau kerusakan atap rumah, dan beberapa pohon yang tumbang sudah selesai dibersihkan.

"Tim gabungan masih melakukan pendataan kerusakan rumah dan bangunan. Serta, Jalur Batu - Mojokerto via Cangar sudah dibuka kembali," katanya.

Baca Juga: Ratusan Rumah di Grobogan Rusak dan 2 Ambruk Diterjang Angin Kencang

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini