nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Buruh Kebun Sawit Tewas Mengenaskan Diseruduk Babi Hutan

Era Neizma Wedya, Jurnalis · Senin 18 November 2019 23:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 18 340 2131475 buruh-kebun-sawit-tewas-mengenaskan-diseruduk-babi-hutan-mgvo0NPlli.jpg Buruh sawit tewas diseruduk babi hutan (Foto: Era Neizma)

EMPAT LAWANG - Serangan hewan buas di wilayah Sumatera Selatan (Sumsel) kembali menelan korban jiwa, kalau sebelumnya petani di Kabupaten Lahat tewas di terkam harimau, kali ini seorang buruh perkebunan sawit tewas diseruduk babi hutan di kawasan perkebunan sawit Padang Surau Kecamatan Pendopo Barat Kabupaten Empat Lawang, Minggu 17 November sekira jam 9.00 WIB.

Korban Ali Nurdin (53) warga Belakang Pasar Pendopo, Kecamatan Pendopo Kabupaten Empat Lawang, tewas di lokasi kejadian dengan luka robek di kaki kiri, tangan kiri hampir putus, luka robek di bagian dada sebelah kanan dan luka robek di bagian belakang leher.

Informasi yang berhasil dihimpun, kejadian bermula saat korban bersama isterinya, Rohana (50) bekerja upahan memanen sawit milik tetangganya di kawasan Padang Surau Kecamatan Pendopo Barat.

Baca Juga: Pengajian Ibu-Ibu di Serang Bubar Gara-Gara Babi Hutan Masuk Masjid 

Kemudian, istri korban mendengar teriakkan mnta tolong. Mendengar teriakan itu istri korban memcari sumber suara, kemudian melihat suaminya sedang diseruduk babi secara berutal.

Istri korban lalu mendekat dan mengambil dodos (alat panen sawit) lalu menusukkan dodos itu ke tubuh babi dan mengenai babi tersebut.

 Ilustrasi

Mendapat serangan itu, babi tersebut berbalik arah mengejar istri korban. Istri korban berlari meminta pertolongan, setelah mendapat pertolongan dari warga seiitar dan kembali ke tempat kejadian ternyata korban sudah meninggal dunia dengan tubuh penuh luka.

Camat Pendopo, Muhibuddin SE mengaku telah mendapat kabar duka warganya yang diseruduk babi hutan saat memanen sawit itu.

"Korban di bawah ke Rumah Sakit Pratama Pendopo untuk dilakukan pemeriksaan luka-lukanya, kemudian disemayamkan di rumah duka. Saat ini, korban sudah dimakamkan," ujarnya.

Baca Juga: Lagi Main Sama Cucu, Kakek di Sukabumi Tewas Diseruduk Babi 

Sementara itu, dikonfirmasi Kapolsek Pendopo, Iptu Haryanto membenarkan kejadian tersebut, yang memang awal kejadian itu pada pukul pagi pukul 9.00 WIB.

Menurut Hariyanto, kejadian awal pada saat mereka (korban dan istrinya, red) panen buah sawit. Ketika istrinya sedang membawa buah sawit dari bukit, mendengar suaminya berteriak minta tolong, saat dicek ternyata korban sudah diserang (seruduk) babi. Sontak istri melakukan perlawanan dengan memukul menggunakan dodos.

"Namun, babi tersebut berbalik menyerang sang istri, lalu istri korban berlari minta pertolongan warga, setelah kembali ke lokasi suami sudah meninggal," ujar Iptu Haryanto.

Iptu Hariyanto mengatakan, terkait dengan kejadian tersebut pihaknya sudah berkomunikasi secara lisan antar Tripika, mencari solusi terbaik apa yang terbaik untuk melakukan antisipasi.

"Karena belum lama ini, ada juga kejadian babi hutan juga menyerang warga, hingga warga naik batang kelapa sampai 3 jam, jadi memang lagi musim saat ini, bahkan di Lahat juga kejadian," tuturnya.

Dibeberkannya, pihaknya sudah secara lisan, melakukan penentuan waktu, untuk mencari solusi terbaik.

"Yang jelas untuk imbauan masyarakat tetap waspada, dengan cuaca panas saat ini, banyak bintang yang turun, kehati-hatian dinomor satukan. Kalau bisa jangan sendirian, atau soslusi lain bisa juga sejenis gotong royong, untuk mengusir babi tersebut, yang jelas semuanya akan dimusyawarahkan," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini