nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polisi Tangkap Pembobol Bank Modus Kredit Pensiun

Subhan Sabu, Jurnalis · Selasa 19 November 2019 14:06 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 19 340 2131726 polisi-tangkap-pembobol-bank-modus-kredit-pensiun-4GG3heWrOC.jpg Polda Sulut menangkap pelaku pembobolan bank modus kredit pensiun (Foto: Okezone/Subhan Sabu)

MANADO - Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Utara (Sulut) berhasil menangkap salah seorang tersangka sindikat pembobolan bank dengan modus operandi kredit Briguna Purna (kredit pensiun) yang memalsukan identitas nasabah pensiunan.

Aksi tersebut baru terungkap pada 7 November 2019 lalu. "Aksi pelaku dan sindikatnya sudah dilakukan sejak 2017 dan baru terungkap," ujar Wakil Direktur Reskrimsus Polda Sulut AKBP Adam Erwindi, Selasa (19/11/2019).

Saat itu, para sindikat itu muncul di salah satu Bank BUMN di Tondano, Kabupaten Minahasa, dengan modus yang sama. Petugas berhasil mengamankan pelaku yang sedang berada di dalam kendaraan untuk menunggu nasabah yang akan memberikan uang hasil pencairan kredit.

"Kita berhasil mengamankan satu orang tersangka ST (50 tahun) dengan barang bukti uang tunai sebanyak Rp44 juta,” kata AKBP Adam Erwindi.

Baca Juga: Tendang Polisi saat Ditangkap, Maling Motor Ambruk Ditembak

Ilustrasi

Menurutnya, saat ini pihaknya sedang melakukan pengembangan untuk memburu kemungkinan adanya tersangka lainnya. Hingga saat ini, total kerugian negara yang dilakukan sindikat ini sebesar Rp3 miliar.

"Dari setiap transaksi nasabah yang kreditnya cair, sindikat ini mendapatkan 10 persen dari kredit yang cair tersebut," ujarnya.

Tersangka dijerat dengan sanksi Pasal 49 Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perbankan dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara.

Baca Juga: Minimarket di Tangsel Dibobol Maling, Brankas Berisi Puluhan Juta & Rokok Raib

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini