nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

RS Padang Gratiskan Biaya Tagihan Perawatan Jenazah Bayi yang Dibawa Lari Ojol

Rus Akbar, Jurnalis · Rabu 20 November 2019 15:59 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 20 340 2132265 rs-padang-gratiskan-biaya-tagihan-perawatan-jenazah-bayi-yang-dibawa-lari-ojol-YC51NIj3tQ.jpg Ilustrasi Rumah Sakit (foto: Shutterstock)

PADANG - Akhirnya pihak RSUP M Djamil, Padang, Sumatera Barat menggratiskan biaya tagihan Muhammad Khalif Putra, bayi enam bulan yang meninggal di rumah sakit kemarin, saat istri Wali Kota Padang, Harneli Bahar ingin membayar biaya tersebut ternyata sudah digratiskan.

"Tadi sudah menghubungi pihak direksi dan memutuskan untuk menggratiskan biaya selama perawatannya,” ujar Istri Wali Kota Padang, Harneli Bahar, di RSUP M Djamil Padang, Sumbar, Rabu (20/11/2019)

Baca Juga: Heboh Puluhan Ojol Merangsek Bawa Jenazah Bayi dari RS Padang 

Rencananya akan membantu biaya tagihan keluarga almarhum Muhammad Khalif Putra, namun dia mendapatkan kabar sudah digratiskan. Dana yang dibawa itu sebanyak Rp10 juta yang diperoleh dari penggalagan dana dari Baznas.

"Bantuan itu sudah dapat dari Baznas Padang senilai Rp10 juta. Tapi tidak jadi, karena ketika saya telepon Direktur RSUP M Djamil, ternyata pihak rumah sakit sudah menggratiskan biaya untuk pasien tersebut," ujarnya.

Ojol bawa jenazah bayi dari RS Foto: IST	 

Kasus ini sempat menjadi viral di media sosial dimana driver Ojek Online (Ojol) membawa paksa jenazah Ramadhan Khalif Putra, (6 bulan) ke rumah duka, karena dianggap ditahan pihak Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. M Djamil Padang, Sumatera Barat karena berhutang biaya perawatan Rp24 juta.

Sementara Pejabat Pemberi Informasi RSUP M Djamil Padang, Gustafianof mengatakan, soal urusan biaya perawatan telah selesai ditanggulangi.

"Biaya operasi, perawatan dan pengobatan Khalif telah dilunasi oleh berbagai pihak, termasuk dari internal RSUP M Djamil," katanya.

Gustafianof menyebut, selain dari pihak luar seperti Baznas Padang, biaya yang harus ditanggung keluarga khalif juga telah dibantu oleh direksi RSUP M Djamil. "Ada beberapa orang direksi RSUP M Djamil yang membantu kekurangan biaya Khalif selama di sini," ungkapnya.

Dia mengatakan, pihaknya juga sudah memberi saran kepada pihak keluarga Khalif untuk meminta bantuan ke Basnaz Kota Padang jika kesulitan soal biaya di rumah sakit.

"Saran ini juga sudah kami sampaikan, agar dapat membantu meringankan beban orang tua Khalif," ujarnya.

Muhammad Khalif Putra meninggal pukul 09.00 Wib. Setelah itu jenazah dibawa ke ruang jenazah. Saat berada di ruang jenazah, pihak keluarga melakukan pengurusan administrasi ke bagian keuangan.

Baca Juga: Ojol Bawa Lari Jenazah Bayi, RS Padang Bantah karena Nunggak Rp24 Juta 

Pada saat melakukan pengurusan administrasi di bagian keuangan, kurang lebih antara pukul 11.00 WIB hingga 12.00 WIB, jenazah sudah dibawa dengan ojek online ke luar area rumah sakit.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini