nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Khofifah Tawarkan 4 Opsi untuk Pemilik Pabrik Tahu di Sidoarjo

Syaiful Islam, Jurnalis · Rabu 20 November 2019 04:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 20 519 2132009 khofifah-tawarkan-4-opsi-untuk-pemilik-pabrik-tahu-di-sidoarjo-02oBCLXpCp.jpg Gubernur Jawa Timur Khofifah (Foto: Okezone)

SURABAYA - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menawarkan 4 opsi terhadap para pemilik pabrik tahu rumahan yang ada di Desa Tropodo, Kecamatan Krian, Kabupaten Sidoarjo. Pasalnya, selama ini mereka memakai bahan bakar limbah plastik untuk memasak kedelai yang nantinya dijadikan tahu.

Padahal memakai bahan bakar limbah plastik untuk proses pembuatan tahu tidak diperbolehkan. Di samping akan berpengaruh pada kesehatan udara di sekitar, juga dikhawatirkan berpengaruh pada tahu itu sendiri. Sebab berdasarkan hasil penelitian, ayam yang memakai sampah plastik dan ampas tahu di sekitar lokasi kandungan telurnya berbahaya.

"Para IKM (Industri Kecil Menengah) segera mengganti bahan bakarnya yang lebih ramah lingkungan dan sehat. Ada 4 opsi. Satu, opsinya adalah wood pellet. Ini paling memungkinkan dan paling terjangkau menurut hitungan pak Bupati," terang Khofifah, Selasa 19 November 2019.

Khofifah

Baca Juga: Kelakar Gubernur Khofifah : Tak Perlu Pura-Pura Tegar Pahadal Ambyar

Kemudian opsi yang kedua, sambung Khofifah, memakai gas PGN. Pemkab Sidoarjo sudah berkomunikasi dengan PGN untuk memperpanjang pipa city gas, sehingga pipa gas milik PGN bisa masuk ke pabrik tahu rumahan di Desa Tropodo.

Lalu opsi ketiga yakni Compressed Natural Gas (CNG). Untuk opsi yang keempat adalah memakai LPG. Pihaknya juga sudah koordinasi dengan GM Pertamina agar diberikan spesial discon untuk para pengusaha tahu tersebut.

"Pemerintah membimbing, mendampingi mereka survival kehidupan mereka harus kita jaga. Tapi mereka juga harus diinformasikan dan disosialisasikan bahwa menggunakan bahan bakar plastik tidak boleh," tukas mantan Menteri Sosial RI ini.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini