nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Putin Berjanji Sempurnakan Roket Bertenaga Nuklir meski Menewaskan 7 Orang saat Uji Coba

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Jum'at 22 November 2019 20:11 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 22 18 2133349 putin-berjanji-sempurnakan-roket-bertenaga-nuklir-meski-menewaskan-7-orang-saat-uji-coba-K2uuW9BIaK.jpg Presiden Rusia Vladimir Putin. (Foto/Reuters)

MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin berjanji untuk terus maju mengembangkan roket bertenaga nuklir meski telah terjadi kecelakaan yang menewaskan 7 tujuh orang dalam pembuatan senjata tersebut.

Lima insinyur dan dua lainnya tewas ketika sebuah mesin roket meledak saat uji coba di Laut Putih pada 8 Agustus 2019.

Para ahli pertahanan berpendapat itu adalah bagian dari rudal jelajah bertenaga nuklir.

"Kami pasti akan menyempurnakan senjata ini, apa pun yang terjadi," kata Putin kepada para istri para korban menyitir BBC, Jumat (22/11/2019) .

Baca juga: Kapal Selam Tenaga Nuklir Rusia Luncurkan Rudal Antarbenua

Baca juga: Pasca Serangan Drone, Putin Tawarkan Sistem Pertahanan Rudal Rusia ke Saudi

Kepemilikan "teknologi unik semacam itu", tambahnya, adalah "dengan sendirinya ... jaminan paling signifikan dan dapat diandalkan untuk perdamaian di planet ini".

Pemimpin Rusia itu berbicara pada Kamis 21 November 2019 di sebuah upacara di Kremlin untuk memberikan penghargaan anumerta kepada keluarga yang meninggal.

Dia tidak merinci senjata apa yang terlibat, hanya mengatakan bahwa "ide dan solusi teknis" yang terlibat dalam proyek itu "tak yang menyaingi di dunia".

Seberapa serius kecelakaan itu pada bulan Agustus?

Para insinyur telah menyelesaikan pengujian pada platform lepas pantai di kisaran uji coba angkatan laut Nyonoksa ketika kebakaran terjadi dan mesin meledak, melemparkan orang-orang itu ke laut, menurut lembaga nuklir Rusia, Rosatom.

Selain tujuh orang yang tewas, enam orang terluka akibat ledakan itu, yang melihat tingkat radiasi naik 16 kali di atas normal di kota besar terdekat, Severodvinsk, 47km jauhnya dari Nyonoksa.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini